Search

Tumpak-Artidjo Dewas KPK, Mahfud: Akan Ada Langkah Lain Kalau Belum Kuat - Detiknews

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengangkat lima orang sebagai anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Menko Polhukam Mahfud Md membanggakan orang-orang yang diangkat Jokowi tersebut memiliki integritas dan bisa memperkuat KPK.

Kelima orang yang diangkat sebagai Anggota Dewan Pengawas KPK adalah Tumpak H Panggabean, Albertina Ho, Artidjo Alkostar, Harjono dan Syamsuddin Haris. Tumpak dipilih sebagai ketua Dewas.

"Presiden kan sudah jelas ingin memperkuat. Tetapi ketika membuat keputusan, memperkuat itu kan bermacam-macam. Ada yang ingin undang-undang seperti sekrang, ada yang ingin undang-undangnya sepeti dulu," kata Mahfud di salah satu restoran di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (26/12/2019).

Keinginan memperkuat itu, kata Mahfud, salah satunya dilakukan dengan pengangkatan sosok-sosok berintegritas sebagai Anggota Dewan Pengawas KPK. Meski demikian, Mahfud mengatakan Jokowi bakal melakukan langkah-langkah lain jika apa yang dilakukan saat ini dinilai belum kuat.

"Kalau dikatakan kenapa KPK tidak diperkuat saja, itu satu, itu keputusan legislatif. Kedua, Presiden sudah mengangkat itu ya, Dewas. Insyaallah akan ada langkah-langkah lagi kalau memang itu belum kuat," ucapnya.

Selain itu, Mahfud mengatakan pemerintah bakal memperkuat Kejaksaan Agung dan Kepolisian untuk memberantas korupsi. Dia menyebut Kejagung bisa saja lebih kuat dari KPK dalam memberantas korupsi jika ada kemauan.

"Sumber daya manusianya, anggarannya besar. Itu orangnya banyak gitu. Kenapa tidak bisa lebih kuat? Ini kita kuatkan sekarang. Meskipun tidak harus sampai 10 kali lipat tapi lebih terarah gitu ya, lebih jelas arah pemberantas korupsinya, saya kira bisa," paparnya.

Simak Video "Dewas KPK Dituduh Berisi Orang Jokowi, Mahfud MD: Namanya Demokrasi"

[Gambas:Video 20detik]

(haf/fjp)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
December 26, 2019 at 04:22PM
https://ift.tt/2QoAFQs

Tumpak-Artidjo Dewas KPK, Mahfud: Akan Ada Langkah Lain Kalau Belum Kuat - Detiknews
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tumpak-Artidjo Dewas KPK, Mahfud: Akan Ada Langkah Lain Kalau Belum Kuat - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.