Search

Hei..Ada Posyandu Remaja Mager Lho - Poskotanews

JAKARTA – Tangani permasalahan kesehatan remaja, baik permasalahan psikologis maupun perubahan perilaku, Puskesmas Kecamatan Ciracas menghadirkan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Pelayanan yang dibuka pekan lalu itu diberi nama Posyandu Remaja Mager.

Kepala Puskesmas Kecamatan Ciracas, Sunersih mengatakan, disiapkannya pelayanan itu berawal dari banyaknya permasalahan kesehatan pada remaja. Dimana mereka selama ini menyampaikan permasalahan psikologis maupun perubahan perilaku. “Dibentuknya ini juga sebagai tindaklanjut instruksi Kementerian Kesehatan yang menyarankan untuk membuat suatu wadah bagi remaja,” katanya, Minggu (29/12/2019).

Dikatakan Sunersih, sebelum dibuatkannya posyandu itu, ditempatnya memang disiapkan poli Pelayananan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR). Dan saat itu, ditemukan banyak aduan mulai dari masalah teman, hingga hamil di usia dini mulai terindentifikasi di masyarakat. “Makanya agar lebih fokus, kami siapkan posyandu remaja mager,” ujarnya.

Mager sendiri, kata Sunersih, merupakan singkatan dari Milineal Bergerak Bersama-sama. Sebab dalam Posyandu Remaja Mager ini, kadernya berasal dari remaja yang ada di lingkungan RT dan RW di masing-masing kelurahan. “Kenapa melibatkan remaja sekitar, karena agar mereka juga tahu permasalahan yang ada,” terangnya.

Karena itu, sambung Sunersih, para kader remaja ini diberikan pembekalan oleh dokter-dokter yang ada di Puskesmas Kecamatan Ciracas. Dan selanjutnya, mereka ditetapkan sebagai konseler sebaya untuk menangani masalah remaja yang ada di lingkungan. “Harapannya ini bisa berjalan baik, dan bisa menyelesaikan segala permasalahan remaja,” tambahnya.

Posyandu Remaja Mager, lanjut Sunersih, sebenarnya akan hadir di semua kelurahan yang ada di Kecamatan Ciracas. Hanya saja, yang lebih siap pertama adalah Kelurahan Susukan. “Sehingga launching pertamanya di kelurahan tersebut, sedangkan 4 kelurahan lainnya akan menyusul di bulan Januari 2020 mendatang,” sambungnya.

Untuk praktek posyandu itu sendiri, remaja yang memiliki permasalahan bisa langsung datang setiap Sabtu di akhir bulan ke Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Susukan Ceria. Pelayanan itu akan dimulai sejak pukul 08.00 sampai selesai. “Di sana, para remaja bisa menceritakan langsung permasalahan yang terjadi kepada konselor sebaya,” sambungnya.

Selanjutnya, tambah Sunersih, bila memerlukan tindakan lebih lanjut, maka para kader akan mengarahkan remaja tersebut ke Poli Pelayananan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) yang ada di Puskesmas Kecamatan Ciracas. “Makanya di tahap awal ini, kami berharap konseler bisa meningkatkan keterampilan dan pengetahuan terkait kesehatan, dan mampu melakukan deteksi dini permasalahan remaja,” pungkasnya. (Ifand/yp)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
December 30, 2019 at 10:35AM
https://ift.tt/2F6mMRS

Hei..Ada Posyandu Remaja Mager Lho - Poskotanews
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hei..Ada Posyandu Remaja Mager Lho - Poskotanews"

Post a Comment

Powered by Blogger.