Search

Pasokan Pangan Diklaim Aman, Kementan: Tidak Ada Keributan - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Pertanian mengklaim pasokan pangan menjelang akhir tahun 2019 tetap aman. Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi mengatakan sampai saat ini juga tidak ada gejolak pasokan, maupun harga pangan di Indonesia.

“Alhamdulillah tidak ada keributan, tidak ada orang antre membeli makanan,” kata Agung dalam acara di Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa, 31 Desember 2019.

Menurut Agung, kekurangan pasokan memang sempat terjadi di daerah Wamena dan Boven Digoel, Papua. Namun saat ini, masalah tersebut sudah berhasil diatasi. “Jadi secara umum di seluruh Indonesia, pasokan sudah merata,” kata dia.

Meski demikian, fluktuasi harga pangan tetap terjadi, salah satunya di DKI Jakarta. Dari catatan BKP, sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan di akhir tahun 2019 ini. Tapi sebagian lain justru turun.

Sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga yaitu bawang merah Rp 10 ribu, cabe merah keriting Rp 10 ribu, cabai rawit merah Rp 6 ribu, telur ayam ras Rp 1.800 hingga bawang putih kating Rp 2.600. Sementara harga sejumlah komoditas lain justru turun tipis. Di antaranya yaitu beras medium Rp 200.

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, BKP, Risfaheri, juga mengatakan stabilisasi harga pangan ini akan terus diupayakan dengan adanya toko tani milik Kementan. Saat ini, ada dia, sudah ada 32 toko tani yang tersebar di setiap provinsi. “Di toko tani ini juga dipastikan bahwa harga yang diterima konsumen, di bawah harga pasar,” kata dia.

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
December 31, 2019 at 07:39PM
https://ift.tt/357sJZi

Pasokan Pangan Diklaim Aman, Kementan: Tidak Ada Keributan - Tempo
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pasokan Pangan Diklaim Aman, Kementan: Tidak Ada Keributan - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.