Search

Pimpinan KPK Nawawi Jamin Pengumuman Saksi Kasus Korupsi Tetap Ada - detikNews

Jakarta - Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menjamin pengumuman nama-nama saksi yang dipanggil untuk suatu kasus di KPK tetap ada. Metode pengumuman pemanggilan saksi ini sempat akan dievaluasi.

"Ada," kata Nawawi di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (20/12/2019). Hal itu disampaikan saat ditanya soal ada-tidaknya publikasi saksi di era pimpinan KPK 2019-2023.

Selain itu, Nawawi mengatakan nantinya konferensi pers pengumuman tersangka tak sekadar menghadirkan pimpinan KPK. Pejabat struktural KPK lainnya bisa saja memimpin konferensi pers tersebut.

"Tidak dibatasi, cuma mungkin pejabat yang dimunculkan bukan sekadar seperti pimpinan, seperti itu," kata Nawawi.

Sebelumnya, metode pengumuman saksi yang dipanggil ke KPK sempat disinggung oleh Alexander Marwata saat uji kelayakan di DPR. Alexander, yang kini kembali menjadi Wakil Ketua KPK, pernah mengkritik pengumuman pemanggilan saksi oleh KPK.

"Ini yang mungkin kita evaluasi lagi. Saya sih setuju kalau ini dievaluasi lagi terkait dengan suara gaduh. Rasa-rasanya teman-teman di kepolisian-kejaksaan bisa bekerja tanpa kegaduhan. Kenapa kita nggak bisa," kata Alex saat uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi III DPR, Senayan Jakarta, Kamis (12/9).

Alex saat itu menegaskan mampu mengurangi kegaduhan-kegaduhan terkait publikasi oleh KPK. Dia mengatakan akan mengevaluasi pengumuman pemanggilan saksi dan tersangka jika dirinya terpilih kembali. Hal itu juga sebagai upaya menghindari penghakiman oleh publik.

"Kemudian terkait dengan pengumuman tersangka atau saksi atau mengurangi suara-suara gaduh, bisa. Itu tadi sepanjang pimpinan sepakat nggak usahlah kenapa memanggil saksi harus diumumkan. Kenapa? Akhirnya yang terjadi apa? Kalau saksi mau dipanggil KPK, apalagi terkait dengan pejabat negara, mereka pasti akan berupaya gimana caranya nggak lewat depan," tuturnya. (ibh/haf)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
December 20, 2019 at 09:48PM
https://ift.tt/393Shdd

Pimpinan KPK Nawawi Jamin Pengumuman Saksi Kasus Korupsi Tetap Ada - detikNews
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pimpinan KPK Nawawi Jamin Pengumuman Saksi Kasus Korupsi Tetap Ada - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.