Search

Maaf, Tak Ada THR Buat Karyawan Biro Travel Umroh - Detikcom

Jakarta -

Ketua Umum Sarikat Penyelenggara Umroh dan Haji (SAPUHI), Syam Resfiadi memastikan karyawan biro travel dan umroh tidak akan menerima tunjangan hari raya (THR) tahun ini. Hal itu karena lumpuhnya bisnis karena terdampak virus Corona (COVID-19).

Syam mengatakan, hal itu sudah dibicarakan oleh karyawan. Mau tidak mau karyawan harus terima karena pandemi ini diperkirakan sampai akhir tahun, dalam kata lain mereka hanya kerja dua bulan di tahun 2020.

"Nggak ada (THR tahun ini). Orang nggak kerja kok, cuma kerja dua bulan (Januari-Februari) gimana ada THR. Ya karyawan sudah sepakat. Mau apa? Mereka juga paham. Ini kan kondisi bukan karena sepihak, bukan karena internal tapi faktor eksternal dan internasional," kata Syam kepada detikcom, Senin (13/4/2020).

Belum diketahui pasti apakah THR akan ditunda ke tahun berikutnya atau memang ditiadakan. Yang jelas, pihaknya sedang putar otak bagaimana agar bisnis bisa bertahan sampai pandemi berakhir.

"Bukan bakal ditunda (THR), tapi ada kesepakatan akan ditunda melihat kondisi yang ada. Lebih baik untuk bertahan daripada mengandalkan bayar THR tapi kantor nggak bisa bertahan," sebutnya.

Soal keputusan pemerintah yang mewajibkan pengusaha berikan THR, ia menilai wajar. Namun jika perusahaan tidak mampu memenuhi dan tidak ada bantuan dari pemerintah, pemberian THR tidak akan terealisasi.

"Wajar pemerintah (mewajibkan) tapi kan mereka juga harus memilah mana perusahaan yang wajib, mana perusahaan yang boleh ditunda. Memang THR-nya wajib tetapi kalau tidak mampu dan sampai tahun depan kita baru mulai lagi mau bilang apa," ujarnya.

Sudah hampir 2 bulan umroh disetop terhitung sejak 27 Februari 2020 lalu, bagaimana nasib bisnis biro travel?

Simak Video "Duh, 162 Ribu Karyawan Kena PHK Gegara Corona"
[Gambas:Video 20detik]

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
April 14, 2020 at 04:32AM
https://ift.tt/2XurZ0d

Maaf, Tak Ada THR Buat Karyawan Biro Travel Umroh - Detikcom
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Maaf, Tak Ada THR Buat Karyawan Biro Travel Umroh - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.