Search

Meski Ada Larangan Nyeberang, Masih Ada Penumpang di Pelabuhan Merak - detikHealth

Cilegon -

Pemerintah resmi melarang operator kapal dan pelabuhan melayani penyeberangan khusus penumpang pejalan kaki, kendaraan pribadi, bus, dan motor. Namun, sejumlah penumpang pejalan kaki masih terlihat di Pelabuhan Merak.

Dua penumpang yang ditemui detikcom di Pelabuhan Merak mengaku hendak ke Lampung. Mereka berasal dari Serang dan Cilegon.

"Mau ke Lampung dari Cilegon. Habis nganter saudara ke Cilegon, ini mau balik lagi ke Lampung," kata salah seorang penumpang, Hairul Anwar, di Merak, Selasa (28/4/2020).

Hairul mengaku sudah diperiksa di Pelabuhan Bakauheni saat hendak menyeberang ke Merak. Begitu juga di Merak, ia sempat ditanyai petugas jaga.

"Tadi di Bakau udah diperiksa sama ditanyain mau ke mana. Tadi di sini juga udah diperiksa," ucapnya.

Sementara itu, penumpang lainnya, Aan, mengaku hendak pulang ke Lampung dari Bojonegara, Serang. Aan mengaku berasal dari salah satu pesantren dan hendak bertemu keluarga di Lampung.

"Dari Bojonegara, habis dari pesantren mau pulang ke Lampung," tutur Aan di lokasi yang sama.

Untuk diketahui, pengelola pelabuhan masih melayani penyeberangan penumpang meski sudah dilarang pemerintah. Polisi yang bertanggung jawab di check point merasa ditumbalkan karena minimnya koordinasi di pihak lain.

"Sebetulnya kan bus AKAP itu sudah di-check point di daerah perbatasan Jakarta, Jawa Barat, seharusnya di sana. Dishub harusnya menyurati bus-bus AKAP, harusnya sudah disurati tidak boleh beroperasi. Jadi nggak boleh tumpuk di Pelabuhan Merak semua. secara birokrasi seperti tu, dari perhubungan sudah harus menyurati perusahaan bus itu sudah tidak boleh beroperasi," ungkap Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana.

Wapres Ma'ruf Ingatkan Masyarakat Wajib Taati Pemerintah untuk Tidak Mudik:

(elz/elz)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
April 28, 2020 at 02:57PM
https://ift.tt/2KBSJEi

Meski Ada Larangan Nyeberang, Masih Ada Penumpang di Pelabuhan Merak - detikHealth
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Meski Ada Larangan Nyeberang, Masih Ada Penumpang di Pelabuhan Merak - detikHealth"

Post a Comment

Powered by Blogger.