Search

Cerita Agen Bus Malam yang Alih Profesi Sejak Ada Larangan Mudik - Detiknews

Yogyakarta -

Agen bus malam di Yogyakarta saat ini mulai beralih profesi sejak adanya larangan mudik. Terlebih sejak aturan itu berlaku, tidak ada lagi bus malam yang beroperasi sehingga tidak ada penumpang.

Salah seorang agen bus malam di Terminal Giwangan, Asri Indah Astuti Ningrum (60) bercerita sudah alih profesi. Warga Gamping, Sleman ini kini memilih berjualan sembako untuk menutupi biaya hidup sehari-hari.

"Jual tiket bus malam ini yang utama. Tapi kalau sudah seperti ini saya sementara tutup sambil jual sembako," kata perempuan yang akrab disapa Ning saat ditemui di Terminal Giwangan, Selasa (28/4/2020).

Ning sudah sejak tanggal 24 April 2020 menutup kiosnya atau saat pemerintah memberlakukan larangan mudik. Sebab, tak ada satupun penumpang yang datang untuk membeli tiket bus malam.

"Mulai 24 April ini tidak ada penumpang sama sekali, kalau Maret masih ada walaupun hanya satu dua penumpang," katanya.

Kondisi ini jelas berbalik 180 derajat jika dibandingkan tahun lalu. Pada periode yang sama di tahun lalu, Ning mengaku selalu ada penumpang yang membeli tiket setiap harinya.

"Tahun lalu bisa 20 penumpang setiap hari. Kalau tahun ini ya sepertinya tidak ada sama sekali," keluhnya.

Kios-kios agen travel di Terminal Giwangan tutupKios-kios agen travel di Terminal Giwangan tutup (Foto: Jauh Hari/detikcom)

Ning pun hanya membuka kios agen tiketnya untuk sekadar untuk bersih-bersih. Dia juga yakin tidak akan ada calon pembeli tiket bus malam.

"Ini tiga hari sekali buka untuk bersih-bersih. Kalau penumpang pasti tidak ada, kan mereka pasti juga takut kalau disuruh putar balik," bebernya.

Pantauan detikcom di kios agen bus malam Terminal Giwangan sore ini, tampak hanya ada beberapa yang masih buka. Namun, tak ada satu calon penumpang pun yang datang. Banyak agen yang buka hanya untuk bersih-bersih kios saja, selanjutnya mereka menutup kiosnya.

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
April 29, 2020 at 04:04AM
https://ift.tt/3bMoPcv

Cerita Agen Bus Malam yang Alih Profesi Sejak Ada Larangan Mudik - Detiknews
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cerita Agen Bus Malam yang Alih Profesi Sejak Ada Larangan Mudik - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.