Search

ABK KM Lambelu Akan Diperiksa Kesehatan, Sudah Ada 26 yang Positif Corona - detikNews

Makassar -

Tenaga medis memeriksa para anak buah kapal (ABK) KM Lambelu hari ini. Hasil pemeriksaan akan dirilis oleh pihak Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan (Dinkes Sulsel).

"Rencana pemeriksaan memang betul hari Senin tapi karena kapalnya ditunda, sehingga pemeriksaan dilakukan hari ini sesuai rencana awal dan dilakukan di atas kapal," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah T Azikin kepada wartawan, Selasa (14/4/2020).

"Tidak ada yang boleh turun ke darat, kapal masuk dalam zona karantina," tambahnya.

Dia mengatakan hasil pemeriksaan terhadap ABK KM Lambelu akan segera dirilis oleh pihak Pemprov Sulsel.

"Hasilnya akan dirilis oleh Kadinkes Provinsi. Semua ABK yang positif dan yang lainnya saat ini sudah dilakukan isolasi mandiri di kapal selama 14 hari," ujarnya.

Sebelumnya, sudah ada 42 ABK yang sudah menjalani tes swab dan hasilnya ada 26 anak buah buah kapal (ABK) KM Lambelu dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Untuk antisipasi penyebaran virus ini, para ABK yang terpapar menjalani isolasi mandiri di atas kapal. Diketahui, KM Lambelu memiliki 141 ABK.

"Saat ini seluruh petugas kapal menjalani isolasi secara mandiri di atas kapal dengan jarak 2 mil dari darat dengan pengawasan yang ketat dari manajemen dan otoritas pelabuhan serta Kantor Kesehatan Pelabuhan di Makassar," kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero) Yahya Kuncoro.

"Mengingat para petugas kapal bertugas untuk memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat maka mereka selalu bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Ada kemungkinan para petugas terjangkit dari pembawa virus (carrier) karena petugas selalu berada di atas kapal, " tambah Yahya.

Saat ini, pihaknya juga terus melakukan peningkatan pengawasan terhadap kesehatan seluruh petugas kapal. Yahya menjelaskan bahwa Manajemen juga akan memberikan batasan ruang gerak bagi para penumpang yang naik ke atas kapal milik Pelni.

"Demi keamanan dan kenyamanan bersama serta guna meminimalisir interaksi antara petugas dengan penumpang, maka Manajemen akan menerapkan kebijakan bagi penumpang untuk diberikan akses pada dek tertentu saja," tambahnya.

60% Penumpang Kapal Pesiar Antartika Positif Covid-19:

(fiq/jbr)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
April 14, 2020 at 12:09PM
https://ift.tt/34zwYOu

ABK KM Lambelu Akan Diperiksa Kesehatan, Sudah Ada 26 yang Positif Corona - detikNews
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "ABK KM Lambelu Akan Diperiksa Kesehatan, Sudah Ada 26 yang Positif Corona - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.