Search

Pandemi Corona, OJK: Ada Bank yang Kuat, Ada yang Kurang Kuat - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Wabah virus Corona (Covid-19) menguji daya tahan industri perbankan nasional. Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso berujar aktivitas perekonomian yang terganggu menekan kemampuan debitur untuk membayar angsuran pinjaman, dan pada akhirnya berdampak pada kinerja perbankan secara keseluruhan. 

“Pastinya ada bank yang kuat, ada yang setengah kuat, dan kurang kuat, ini tergantung pada buffer yang dimiliki atau persediaan likuiditas yang cukup,” ujarnya kepada Tempo, Senin 13 April 2020.

Terlebih otoritas telah menerbitkan kebijakan restrukturisasi kredit, yang memungkinkan debitur terdampak Covid-19 mendapatkan penundaan pembayaran bunga maupun pokok pinjaman. Wimboh mengatakan kondisi likuiditas bank menjadi salah satu fokus utama pengawasan beberapa waktu terakhir.

“Kami monitor sangat dalam, dan kami menghitung seberapa kuat kemampuan mereka untuk menahan apabila nasabah menunda pembayaran angsuran pinjaman sampai dengan satu tahun,” katanya.

Jika likuiditas mulai kering, perbankan dapat memanfaatkan sejumlah opsi yang tersedia, seperti mekanisme pinjaman ke bank lain atau pasar uang antar bank (interbank call money) hingga mekanisme menggadaikan surat berharga atau repurchase agreement (repo) ke Bank Indonesia.

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjaga Simpanan (LPS), Halim Alamsyah mengatakan berdasarkan pantauan terhadap kinerja perbankan di kuartal satu 2020, sejumlah indikator menunjukkan peningkatan status dari normal menjadi waspada. “Mudah-mudahan tidak memburuk,” ujarnya.

Halim menambahkan secara berkala lembaganya juga melakukan uji stress (stress test) perbankan, sehubungan dengan kapasitas LPS dalam menangani bank-bank bermasalah, termasuk melakukan penjaminan dana nasabah. “Ini kajian yang bersifat forward looking dengan skenario terburuk, dan tentu saja diharapkan tidak terjadi."

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
April 13, 2020 at 05:30AM
https://ift.tt/2JYidLN

Pandemi Corona, OJK: Ada Bank yang Kuat, Ada yang Kurang Kuat - Tempo
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pandemi Corona, OJK: Ada Bank yang Kuat, Ada yang Kurang Kuat - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.