Search

Kesadaran Masyarakat Rendah Terapkan PSBB, JK: Disiplin Kalau Ada Sanksi - detikNews

Jakarta -

Pemerintah saat ini sudah menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di beberapa wilayah untuk memutus rantai penularan virus Corona (COVID-19). Namun, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) menganggap kesadaran masyarakat Indonesia masih rendah dalam melaksanakan kebijakan tersebut.

"Ya kita termasuk rendah, karena disiplin juga baru bisa betul-betul jalan kalau ada sanksi. Nah kebetulan cara yang dijalankan pemerintah masih dalam tahap mengharapkan, mengimbau. Nah sanksi belum, yang jelas belum dijalankan kayak di Singapura, kayak di China, Korea dan sebagainya," ujar JK dalam acara Peran Masjid dalam Wabah Corona di YouTube Channel Ustadz Abdul Somad Official seperti dilihat detikcom, Selasa (14/4/2020).

Meski demikian, JK mengatakan, masyarakat yang memiliki kesadaran rendah untuk melakukan physical distancing bukan hanya di Indonesia. Menurutnya, kesadaran masyarakat Amerika Serikat juga masih rendah akan hal tersebut.

"Tapi bukan hanya kita, Amerika juga tidak disiplinnya kayak apa, sehingga justru sekarang ini yang terbesar di Amerika karena faktor disiplin," ucapnya.

Selain itu, lanjut JK, cepatnya mengambil kebijakan pemerintah dalam penanganan COVID-19 menjadi salah satu faktor sebaran virus. Menurutnya, semakin lambat kebijakan diambil, maka semakin cepat virus akan menyebar.

"Dan faktor pelambatan mengambil kebijakan itu yang terpokok, karena ini kayak nilai ukur, makin lambat makin besar akibatnya. Jadi kita berjuang dengan waktu setiap pelambatan sehari tindakan dan kedisiplinan, akan bertambah tiap hari sekitar 10 persen korbannya. Lihat saja pengumuman tiap hari jam 4 sore itu itu tiap hari bertambah," tandasnya.

(fas/fas)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
April 15, 2020 at 02:15AM
https://ift.tt/2K5HFyZ

Kesadaran Masyarakat Rendah Terapkan PSBB, JK: Disiplin Kalau Ada Sanksi - detikNews
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kesadaran Masyarakat Rendah Terapkan PSBB, JK: Disiplin Kalau Ada Sanksi - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.