Search

Cek Fakta Selama 3 Hari Ini Dianjurkan tidak Keluar Rumah Ada Angin Pembawa Penyakit Lewat Indonesia Ini Faktanya - Medcom ID

Beredar narasi melalui pesan berantai WhatsApp bahwa akan ada angin yang membawa wabah penyakit melewati Indonesia. Dianjurkan bagi siapapun untuk tidak keluar rumah selama tiga hari mulai tanggal 10 hingga 12 April 2020.
 
"Bhw 3 hari kedepan diusahakan seluruh anggota keluarga masing2 di Rmh...utk tdk keluar rmh, walau hanya utk berjemur," bunyi narasi yang beredar melalui pesan berantai WhatsApp.
 
Berikut narasi lengkapnya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"kenapa kita dianjurkan untuk makai masker di tgl 10-12 April
“URGENT"
Sbg informasi dari Bpk Dir-1...
Bhw 3 hari kedepan diusahakan seluruh anggota keluarga masing2 di Rmh...utk tdk keluar rmh, walau hanya utk berjemur, klu tdk sgt terpaksa..
Krn dlm 3 hari kedepan Arus angin dari Utara ke arah Selatan yg membawa wabah (penyakit) akan melewati Indonesia menuju Australian..
Tolong diinformasikan kpd teman2 yg tdk ada di grup ini...
Terimakasih..."

[Cek Fakta] Selama 3 Hari Ini Dianjurkan tidak Keluar Rumah Ada Angin Pembawa Penyakit Lewat Indonesia? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa pada tanggal 10-12 April 2020 akan ada angin pembawa wabah penyakit yang melewati Indonesia, adalah salah. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memastikan kabar tersebut hoaks.
 
Pelaksana Tugas Deputi Bidang Meteorologi, BMKG, Herizal menyatakan pihaknya tidak pernah mengeluarkan informasi tersebut. Pula dapat dipastikan isi informasi tersebut hoaks dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
 
Herizal menjelaskan, saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau. Dengan demikian sirkulasi angin tidak lagi didominasi angin dari utara atau dari Benua Asia.
 
"Bahkan di beberapa wilayah di bagian selatan Indonesia kini sudah mulai berembus angin dari timur-selatan (dari Benua Australia)," terang Herizal yang kami kutip dari akun instagram @infobmkg, Jumat 10 April 2020.
 

[Cek Fakta] Selama 3 Hari Ini Dianjurkan tidak Keluar Rumah Ada Angin Pembawa Penyakit Lewat Indonesia? Ini Faktanya
 

Berikut pernyataan lengkapnya:
 
BMKG: 3 Hari Kedepan Arus Angin dari Utara Ke Selatan Membawa Wabah (Penyakit) Adalah Hoax
 
Jakarta - (9/4), Beberapa waktu ini beredar pesan singkat yang tersebar di masyarakat melalui whatsapp yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan yang membawa wabah penyakit. Menanggapi isu tersebut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menjelaskan beberapa hal, sebagai berikut:
 
1. Informasi yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan membawa wabah penyakit, hal tersebut dapat dipastikan bukan berasal dari BMKG dan isi informasi tersebut #hoax serta tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
2. BMKG menegaskan bahwa saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau sehingga sirkulasi angin tidak lagi di dominasi angin dari utara (dari Benua Asia), bahkan di beberapa wilayah di bagian selatan Indonesia kini sudah mulai berhembus angin dari timur - selatan (dari Benua Australia). Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi, yaitu melalui:
- https://www.bmkg.go.id;
- follow @infobmkg;
atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.
 
Plt Deputi Bidang Meteorologi
Drs. Herizal, M.Si

 
Sementara itu, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) juga menjelaskan bahwa tidak benar pada tanggal 10-12 April akan terjadi angin dari utara ke selatan yang kuat dan membawa wabah penyakit.
 
Dilansir akun Instagram @lapan_ri, berdasarkan prediksi Satellite-based Disaster Early Warning System (Sadewa) LAPAN, angin selama 3 hari mendatang tidak didominasi oleh angin utara. Selain itu, hingga saat ini belum ada penelitian yang mengaitkan wabah penyakit dengan angin lintas-benua dan lautan (angin monsun).
 
"Virus tidak ditularkan melalui udara, tapi melalui droplets yang jarak jangkaunya pendek, dan yang berbahaya adalah transmisi dari orang ke orang," tulis LAPAN dalam keterangannya, Kamis 9 April 2020.
 

[Cek Fakta] Selama 3 Hari Ini Dianjurkan tidak Keluar Rumah Ada Angin Pembawa Penyakit Lewat Indonesia? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa pada tanggal 10-12 April 2020 akan ada angin pembawa wabah penyakit yang melewati Indonesia, adalah salah. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan kabar tersebut hoaks.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100 persen tidak bisa dipertanggungjawabkan secara fakta.
 

Referensi:
1.https://ift.tt/2UWjwRB
2.https://ift.tt/39WSa24
3.https://ift.tt/2JUOhAo
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks, dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id.
 

(DHI)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
April 10, 2020 at 08:43AM
https://ift.tt/2yHUop4

Cek Fakta Selama 3 Hari Ini Dianjurkan tidak Keluar Rumah Ada Angin Pembawa Penyakit Lewat Indonesia Ini Faktanya - Medcom ID
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cek Fakta Selama 3 Hari Ini Dianjurkan tidak Keluar Rumah Ada Angin Pembawa Penyakit Lewat Indonesia Ini Faktanya - Medcom ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.