Search

Jonghyun 'SHINee', Sang Empunya Sihir Suara Empat Oktaf

Jakarta, CNN Indonesia -- Personel boyband Shinee, Kim Jonghyun, ditemukan meninggal dunia pada Senin (18/12) di apartemennya di kawasan Cheongdam-dong, Korea Selatan. Kabar kematian Jonghyun, dikutip Naver, dikonfirmasi kepolisian distrik Gangnam.

Jonghyun yang lahir 8 April 1990 ini merupakan anggota tertua kedua di SHINee. Ia mengawali kariernya dengan mengikuti audisi SM Academy pada 2005. Pada 2008, dia berhasil meluluhkan SM Entertainment sehingga tergabung dalam boyband bentukan mereka berkat 'sihir' suaranya yang kuat.

Penyanyi yang dikenal dengan sapaan Bling Bling Jonghyun itu pun diketahui bisa bernyanyi sampai empat oktaf dan mengalahkan penyanyi solo IU yang hanya berhasil mencapai nada tiga oktaf saja.


Di tahun awal SHINee dibentuk, Jonghyun juga sempat merilis debut solo berduet dengan Zhang Liyin berjudul Wrong Given Love. Proyek solo lainnya adalah Let's Go bersama G20, lagu pengiring City Hunter berjudul So Goodbye, kemudian Dear My Family untuk lagu pengiring I AM, dan lainnya.

Setahun setelah bergabung dengan SHINee, Jonghyun memulai debut sebagai penulis lagu untuk grupnya. Dia menulis lirik Korea untuk lagu promosi keempat SHINee berjudul Juliette, yang masuk dalam mini album kedua mereka Romeo.

Pada Juni 2011, Jonghyun bergabung dengan acara KBS Immortal Songs 2. Di acara itu para penyanyi menyanyikan lagu-lagu lawas dengan versi mereka sendiri. Para pemenang kemudian dipilih berdasarkan voting.


Kala itu Jonghyun berhasil memenangi putaran pertama dan mengalahkan artis senior senegaranya, Yesung.

Kesibukan jadwal kemudian membuat Jonghyun meninggalkan pertunjukan itu setelah episode pertama.

Pada Oktober 2013, Jonghyun memulai debutnya sebagai komposer dari lagu A Gloomy Clock yang dipamerkan di album ketiga IU, Modern Times.

Lagu yang dituliskan Jonghyun sendiri itu kemudian dihadiahkan kepada IU sebagai teman, dan dijuluki sebagai sebuah duet.

Dua bulan kemudian, Red Candle yang dirilis Son Dam Bi, juga disusun dan ditulis Jonghyun.

Jonghyun Shinee meninggal dunia di usia 27 tahun. Ia ditemukan tewas di apartemennya. Jonghyun Shinee meninggal dunia di usia 27 tahun. Ia ditemukan tewas di apartemennya. Screenshot via instagram (@jonghyun.948)
Jonghyun pun pernah terlibat dalam film live concert I Am (2012) dan SM Town The Stage (2015) sebagai dirinya sendiri. Ia juga berkontribusi dalam produksi mini album pertama Taemin, Ace, untuk menulis lagu berjudul Pretty Boy yang dirilis pada Agustus 2014.

Pada Maret 2015, Jonghyun menyusun dan menulis lagu Playboy, yang tampil di album kedua Exo, Exodus. Sebulan kemudian, pada April 2015, Lim Kim merilis No More di album mini ketiganya, Simple Mind, yang juga disusun dan ditulis oleh Jonghyun.

Dia juga berpartisipasi mengarahkan vokal untuk semua hal tersebut.

[Gambas:Video CNN]

Kemudian sepanjang tahun yang sama, Jonghyun berpartisipasi dalam debut program Mnet, "Monthly Live Connection".

Premis pertunjukan ini adalah mengajak dua seniman dari latar belakang musik yang berbeda untuk berkolaborasi dalam sebuah lagu. Rekaman tersebut disunting menjadi empat episode yang disiarkan pada Oktober.

Mitra kerja Jonghyun untuk pertunjukan itu adalah penyanyi solo Jung Joon-young.

Di akhir hayatnya, Jonghyun terlibat dalam acara Night Goblin yang direncanakan tayang sebagai acara menyambut Natal, pekan ini.

(vws)

Let's block ads! (Why?)

Read More https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20171218181754-234-263262/jonghyun-shinee-sang-empunya-sihir-suara-empat-oktaf

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jonghyun 'SHINee', Sang Empunya Sihir Suara Empat Oktaf"

Post a Comment

Powered by Blogger.