Search

Zakat di Bansos Corona Dianggap SARA, Baznas Babel: Tak Ada Diskriminasi - detikNews

Jakarta -

Surat permohonan data mustahik (fakir miskin yang berhak menerima zakat) dari Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Aziz Harahad, berbuntut panjang. Menteri Sosial Juliari Batubara bereaksi, dia tidak ingin ada unsur diskriminasi Suku Agama Ras dan Antargolongan (SARA) dalam syarat bantuan sosial (bansos). Perintah Mensos Juliari diteruskan, Gubernur Babel Erzaldi Rosman lantas menegur Kadinsos Aziz. Pihak yang dimintai bantuan oleh Aziz, yakni Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Babel, menepis penilaian bahwa ada unsur diskriminatif dalam penyaluran zakat.

Syarat mustahik yang dimintakan Kadinsos Aziz adalah harus beragama Islam. Baznas menjelaskan, itu memang benar karena yang disalurkan oleh Baznas adalah zakat, bukan jenis dana yang lain.

"Terkait surat itu ada lampirannya, yaitu surat yang berasal dari Baznas untuk meminta data terkait mustahik zakat yang terkena dampak COVID-19. Nah, kenapa (harus) muslim? Karena yang akan kami salurkan itu dana zakat, bukan bansos (bantuan sosial)," kata Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat Baznas Babel, M Samsir, kepada detikcom, Senin (13/4/2020).

Samsir tidak ingin situasi berkembang menjadi tegang gara-gara isu ini. Dia hanya ingin semua pihak memahami, tidak ada yang salah dalam syarat zakat, bahwa mustahik harus beragama Islam. Maka, Kadinsos Aziz juga tidak salah saat mencantumkan syarat harus beragama Islam dalam surat permohonan data mustahik.

"Dinsos Babel dalam hal ini tidak salah karena hanya menyampaikan amanah, pesan dari Baznas Babel. Dinsos itu hanya menyiapkan data sebagaimana kami syaratkan dan, mohon maaf, tidak ada diskriminasi dalam hal ini karena kami (Baznas Babel) hanya menjalankan amanah syariat yang telah diatur," kata Samsir.

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
April 13, 2020 at 12:26PM
https://ift.tt/34CR4HN

Zakat di Bansos Corona Dianggap SARA, Baznas Babel: Tak Ada Diskriminasi - detikNews
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Zakat di Bansos Corona Dianggap SARA, Baznas Babel: Tak Ada Diskriminasi - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.