Search

Dinkes Sumut: Ada ODP Corona Tak Patuh Tinggal di Rumah, Bisa Ada Peningkatan - detikNews

Medan -

Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Utara menyebut ada orang dalam pemantauan (ODP) terkait virus Corona atau (COVID-19) yang tak mematuhi instruksi untuk berdiam diri di rumah. Oleh sebab itu, Dinkes Sumut memprediksi akan ada peningkatan ODP di Sumut dalam 2 pekan ke depan.

"Kita secara epidemiologi melihat dalam 2 minggu ke depan kemungkinan tetap ada peningkatan karena kemarin ODP-ODP yang kita minta secara sukarela untuk tetap tinggal di rumah itu tidak terlalu patuh dan akibatnya terjadilah seperti sekarang ini. Dengan kondisi seperti itu kemungkinan 2 minggu ke depan terjadi peningkatan," kata Kadis Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan, Kamis (19/3/2020).

Selain itu, jumlah ODP bakal bertambah karena ada 1 kasus positif Corona lainnya di Sumut. Dia mengatakan Dinkes bakal melacak kontak fisik orang yang positif Corona tersebut.

"Tadi diumumkan ada 53 ODP, dengan ada positif satu karena ada rantai ini kami harus telusuri," ucapnya.

Dia meminta para ODP patuh terhadap anjuran berada di rumah. Dia juga meminta warga melakukan social distancing.

Selain itu, Alwi menyatakan pihaknya sedang memesan alat rapid test untuk memeriksa orang yang diduga terinfeksi Corona. Nantinya, pemeriksaan lebih lengkap akan dilakukan dengan PCR.

"Kita sudah memesan rapid test itu sebanyak 1.000 unit," ucapnya.

Dia juga menyebut pihaknya bekerja sama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) untuk menyiapkan 1.000 liter hand sanitizer. Nantinya, warga yang mau mendapatkan hand sanitizer bisa menghubungi Gugus Tugas yang sudah dibentuk.

Sebelumnya, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) virus Corona atau COVID-19 di Sumatera Utara bertambah menjadi 19 orang. Mereka tersebar di 5 rumah sakit.

"Update data pasien terkait COVID-19 ini, yaitu saat ini pasien dalam pengawasan yang dirawat di rumah sakit, ada di 5 rumah sakit rujukan kita ada 19 PDP. Yang sudah pulang, negatif itu ada 3 yang sebelumnya itu sudah ditangani rumah sakit," kata Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Riadil Akhir Lubis, Kamis (19/3).

Dia juga mengatakan ada 53 orang dalam pemantauan (ODP) Corona di Sumut. Mereka tersebar di 8 rumah sakit.

"Dari 8 rumah sakit, ODP ada 53," ucapnya.

(haf/idn)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
March 19, 2020 at 06:13PM
https://ift.tt/3devEVq

Dinkes Sumut: Ada ODP Corona Tak Patuh Tinggal di Rumah, Bisa Ada Peningkatan - detikNews
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dinkes Sumut: Ada ODP Corona Tak Patuh Tinggal di Rumah, Bisa Ada Peningkatan - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.