Search

Anies Sebut Ada Petugas Medis yang Tertular Corona - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Di tengah pengumuman penutupan sekolah di DKI Jakarta selama dua pekan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga menyebutkan bahwa petugas kesehatan sudah ada yang terpapar virus corona COVID-19.

"Dokter dan perawat sudah bekerja nonstop. Sebagian dari mereka sudah tertular. Semoga mereka tetap sehat dan bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya," kata Anies dalam jumpa pers di Balai Kota DKI Jakarta pada Sabtu (14/3).


Meski demikian, Anies tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai jumlah dan kondisi petugas medis yang disebutnya sudah terpapar virus corona itu.

"Saya meminta masyarakat untuk tetap tenang, bersabar, dan menjaga situasi tetap kondusif selama petugas medis melakukan tugasnya," lanjutnya.


Anies juga memberikan apresiasi kepada petugas medis dalam penanganan casus COVID-19.

"Saat ini para petugas medis, baik dokter maupun perawat, mereka mengalami beban pekerjaan yang tidak kecil. Kita berikan apresiasi yang sebesar-besarnya bagi mereka yang berada di garda terdepan," kata Anies.

Dalam jumpa pers yang sama, Anies telah menyatakan penutupan sekolah di kawasan DKI Jakarta selama dua minggu, terhitung mulai Senin (16/3).


Anies mengatakan kebijakan penutupan dibuat setelah Pemprov DKI melakukan konsultasi dengan sejumlah pihak, kemarin. Dalam forum konsultasi itu DKI melibatkan Ikatan Dokter DKI Jakarta, Ikatan Dokter Anak Indonesia, dan perwakilan WHO.

"Merujuk pengalaman berbagai tempat, berbagai kajian menunjukkan bahwa anak-anak tidak banyak terjangkit COVID-19, tapi mereka carrier, penular dari dewasa satu ke dewasa lainnya. Meski kecil bisa menularkan dari satu ke lainnya," kata Anies.


Upaya pencegahan dilakukan setelah jumlah pasien positif corona terus bertambah. Anies mengingatkan pada 1 Maret lalu, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Jakarta 129 orang, lalu melonjak jadi 586 orang pada 12 Maret.

Sementara jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) per 1 Maret hanya 39 orang dan bertambah menjadi 261 orang pada 12 Maret.

Anies menyatakan sejauh ini Jakarta memiliki 1.338 klinik kesehatan, 44 puskesmas kecamatan dan 289 puskesmas kelurahan. Kemudian jumlah dokter di Jakarta ada sebanyak 3.350 orang dan 7.300 perawat.

Berdaarkan data Kementerian Kesehatan per Jumat kemarin, ada 69 orang positif corona di Indonesia, dengan empat di antaranya meninggal dunia dan lima dinyatakan sembuh.

[Gambas:Video CNN]

(cit)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
March 14, 2020 at 02:28PM
https://ift.tt/3a1UiGw

Anies Sebut Ada Petugas Medis yang Tertular Corona - CNN Indonesia
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Anies Sebut Ada Petugas Medis yang Tertular Corona - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.