Search

Ketua KPK: Belum Ada OTT Bukan Berarti Penindakan Lemah - detikNews

Jakarta -

Ketua KPK, Firli Bahuri, menepis anggapan, bila hingga kini KPK belum ada OTT, penindakan korupsi melemah. Firli mengatakan pemberantasan korupsi harus dilakukan secara simultan, baik pencegahan maupun penindakan.

"Pemberantasan korupsi harus dilakukan secara simultan baik pencegahan maupun penindakan. Jadi jangan diasumsikan kalau pencegahan diperkuat maka penindakan akan melemah," ujar Firli Bahuri dalam keterangan tertulis, Kamis (12/3/2020).

Firli mengatakan KPK saat ini sedang memperkuat pencegahan sesuai amanat UU KPK. Selain itu, dia mengatakan KPK berkoordinasi dengan seluruh kementerian dan lembaga.

"Kita harus melihat persoalannya secara utuh. Bayangkan jika pencegahan tidak dilakukan, triliunan rupiah dana pengentasan kemiskinan bisa dicuri koruptor. Berapa juta orang miskin dan anak putus sekolah yang bisa diselamatkan dengan sistem pencegahan yang kuat. Itulah mengapa kami berkoordinasi intensif dengan seluruh kementerian dan lembaga negara lainnya," lanjut Firli.

Firli menyebut OTT bukan sebagai tujuan agar KPK tampak bekerja. Dengan belum adanya OTT KPK, bukan berarti KPK tidak melakukan pemberantasan.

"Perlu ditegaskan, OTT itu bukan tujuan atau gimmick supaya KPK terlihat bekerja. OTT adalah salah satu alat penindakan. Belum ada OTT bukan berarti kami tidak bekerja melakukan pemberantasan korupsi. Namun kami bekerja mencegah kerugian negara," imbuhnya.

Sebelumnya, KPK di era kepimpinan Firli Bahuri belum melakukan operasi tangkap tangan (OTT) lagi setelah terakhir menjerat eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan pada awal Januari 2020. KPK menegaskan tetap bekerja.

"Saya kira begini, saya menyampaikan bahwa saat ini KPK itu masih terus bekerja, kurang-lebih ada surat perintah penyelidikan (sprinlid) 63 yang sedang berjalan, baik terbuka maupun tertutup," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (12/3).

(rfs/jbr)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
March 13, 2020 at 12:00AM
https://ift.tt/2U6Zm66

Ketua KPK: Belum Ada OTT Bukan Berarti Penindakan Lemah - detikNews
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ketua KPK: Belum Ada OTT Bukan Berarti Penindakan Lemah - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.