Search

Ada Corona, Jokowi Perintahkan Bulog Jaga Pasokan Beras - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Perum Bulog menjaga pasokan beras di dalam negeri. Agar upaya tersebut bisa dilakukan ia minta BUMN tersebut mengatur penyerapan gabah guna mengamankan stok pangan jelang Ramadan dan Lebaran 2020.

Jokowi menyatakan sejumlah daerah memasuki masa panen raya pada bulan ini dan berlanjut hingga bulan depan. "Saya kira Maret ini banyak daerah panen raya, April juga masih ada panen raya, sehingga penyerapan Bulog diatur," ucap Jokowi, Kamis (19/3).

Selain ke Bulog, ia juga memerintahkan menteri Kabinet Indonesia Maju untuk memastikan ketersediaan bahan pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat. Jokowi bilang sejauh ini stok pangan terbilang cukup.


"Saya cek di Bulog, saya lihat stok lebih dari cukup," jelas Jokowi. Perintah untuk mengamankan stok bahan pokok ini bukanlah yang pertama kali dari Jokowi. Ia sudah mengingatkan jajarannya berkali-kali terkait hal tersebut.

Terlebih, situasi saat ini sedang tidak normal karena penyebaran virus corona semakin meluas di Indonesia. Tercatat, jumlah pasien yang positif terjangkit wabah itu tembus 227 orang pada Rabu (18/3).

Sementara, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengungkapkan stok tiga bahan pokok mulai terbatas di dalam negeri. Bahan pokok yang dimaksud, antara lain gula pasir, bawang putih, dan bawang bombai.

Merespons hal itu, ia membebaskan izin impor untuk komoditas bawang putih dan bawang bombai. Kebijakan ini dilakukan dengan pertimbangan virus corona dan menjaga stok di dalam negeri.

Pembebasan izin impor akan berlaku pada Kamis (19/3) hingga Minggu (31/5). Pembebasan ini berlaku mulai Kamis, (19/3) hingga Minggu (31/5) mendatang. Harapannya, pelonggaran impor tersebut dapat memudahkan importir mendatangkan pasokan bawang putih dan bawang bombai, sehingga harganya kembali stabil.

Berdasarkan catatan Kementerian Perdagangan, harga rata-rata bawang putih saat ini sebesar Rp42 ribu per kg. Menurut Agus, harga tersebut sudah beranjak turun namun masih lebih tinggi dibandingkan bulan lalu.

Sementara itu, harga bawang bombai melonjak paling tinggi hingga melebihi 100 persen. Selain tiga komoditas tersebut, ia menilai harganya masih stabil.

[Gambas:Video CNN]

(aud/sfr)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
March 19, 2020 at 05:27PM
https://ift.tt/33uKnXB

Ada Corona, Jokowi Perintahkan Bulog Jaga Pasokan Beras - CNN Indonesia
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ada Corona, Jokowi Perintahkan Bulog Jaga Pasokan Beras - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.