Search

Perhatian Investor! Tak Ada Pre-Opening Pagi Ini - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebutkan mulai pagi ini Jumat (13/3/2020) tak akan ada perdagangan di periode pra perdagangan (pre-opening). Hal ini merupakan salah satu dari beberapa keputusan yang dilakukan oleh otoritas bursa untuk mengurangi tekanan yang terjadi pada pasar saham dalam negeri.

Dalam siaran pers yang disampaikan BEI, keputusan ini berlaku hingga batas waktu yang akan ditetapkan kemudian oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pihak bursa.

"Mengeluarkan seluruh saham dari daftar saham yang diperdagangkan pada sesi Pra-pembukaan, sehingga tidak terdapat saham yang dapat diperdagangkan pada sesi Pra-pembukaan," tulis siaran pers tesebut, dikutip Jumat (13/3/2020).


Adapun saham-saham yang dimaksud tak lagi bisa diperdagangkan dalam pra pembukaan pasar ini secara praktis merupakan saham-saham yang berada dalam indeks LQ45.

Pre-opening adalah periode dimana investor bisa mengambil posisi jual atau beli untuk saham-saham yang dapat diperdagangkan di periode ini. Periode ini berlangsung pada pukul 08.45-08.55 WIB dan setelahnya sistem akan menentukan pertemuan harga terbaik untuk order yang berlangsung selama 10 menit sebelumnya.

Selain tak ada pra perdagangan mulai pagi ini, bursa juga mengubah batasan Auto Rejection bawah (ARB) dari saham-saham untuk seluruh fraksi harga, dari sebelumnya sebesar 10% menjadi 7%.

Selain itu, untuk saham yang baru dicatatkan di bursa (listing) batas auto rejection yang ditetapkan hanya bisa satu kali dari persentase batas auto rejection yang ditetapkan oleh bursa berdasarkan fraksi harganya.


Seperti diketahui, sebelumnya untuk saham-saham yang diperdagangkan perdana biasanya bisa mencapai auto reject atas (ARA) sebanyak dua kali dari batas ARA yang ditetapkan. Besarannya bervariasi berdasarkan fraksi harga, yakni 35% untuk harga Rp 50-Rp 200/saham, 25% untuk harga Rp 200-Rp 5.000/saham dan 20% untuk harga di atas Rp 5.000.

Pertimbangan dikeluarkannya kebijakan ini mengingat perkembangan kondisi pasar modal global maupun dalam negeri yang mengalami tekanan setelah WHO menetapkan virus corona (COVID-19) sebagai pandemi global.

[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
March 13, 2020 at 08:09AM
https://ift.tt/3aSvuRC

Perhatian Investor! Tak Ada Pre-Opening Pagi Ini - CNBC Indonesia
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perhatian Investor! Tak Ada Pre-Opening Pagi Ini - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.