Search

Kantor Ditutup Gegara Corona, Ada yang Sampai PHK Lho - detikFinance

Jakarta -

Perusahaan yang berkantor di Jakarta mulai menerapkan sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH). Ditambah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengimbau seluruh perkantoran di Jakarta ditutup sementara waktu untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Di tengah situasi tersebut, buruh yang berprofesi sebagai pemelihara gedung pun kehilangan pekerjaan, khususnya mereka yang berstatus alih daya alias outsourcing. Pasalnya ketika perkantoran tutup maka aktivitas pemeliharaan gedung akan berkurang. Biasanya gedung-gedung perkantoran dikelola oleh perusahaan yang khusus bergerak di bidang tersebut.

"Memang apapun keputusan dan kebijakan yang diambil pemerintah itu akan berdampak kepada kita selaku (pelaku usaha) di pemeliharaan bangunan dan gedung," kata Ketua Umum Asosiasi Profesi Pemeliharaan Gedung atau Building Engineering Association (BEA) Mardi Utomo saat dihubungi detikcom, Minggu (22/3/2020).

Menurutnya beberapa perusahaan pemelihara gedung sudah tidak lagi mempekerjakan tenaga outsourcing yang biasa digaji harian.

"Ada karyawan yang sifatnya outsourcing atau yang dibayar secara harian seperti itu. Nah ini juga di beberapa member kami itu sudah memulai menerapkan, terutama yang pekerja harian, itu sudah mulai diberhentikan sejak beberapa hari yang lalu. Itu sudah mulai ada," jelasnya.

Dia menjelaskan dampak dari kebijakan WFH bagi karyawan kantor sudah dirasakan oleh perusahaan pemelihara gedung dan bangunan.


"Makanya ini dampaknya sudah mulai terasa ya seperti yang tadi saya sampaikan. Pengurangan di sektor terutama yang pekerja harian sudah dilakukan. Sudah banyak yang dilakukan tapi belum semuanya," tambahnya.

Bagaimana dengan karyawan tetap? Apakah akan terdampak negatif juga?

Simak Video "Tips Work From Home Tetap Menyenangkan Versi Cowok"
[Gambas:Video 20detik]

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
March 23, 2020 at 07:29AM
https://ift.tt/2WF0QXV

Kantor Ditutup Gegara Corona, Ada yang Sampai PHK Lho - detikFinance
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kantor Ditutup Gegara Corona, Ada yang Sampai PHK Lho - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.