Search

Ada 250 Hoaks, Hotel Christiano Ronaldo Jadi RS Corona - CNN Indonesia

CNN Indonesia | Kamis, 19/03/2020 07:22 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) hari ini (18/3) merilis total konten hoaks dan disinformasi sebanyak 250.

Data terakhir yang diterima CNNIndonesia.com pada 16 Maret lalu jumlah hoaks sebanyak 232 konten. Artinya, ada tambahan 18 konten hoaks baru dalam 2 hari.

Salah satu konten disinformasi yang berhasil dihimpun tim pengais konten negatif Kemenkominfo ialah salah satu punggawa klub Juventus, Cristiano Ronaldo mengubah hotel miliknya jadi rumah sakit darurat Covid-19.


Berikut daftar 35 konten hoaks dan disinformasi terbaru Kemenkominfo:

1. Christiano Ronaldo Ubah Hotel Pribadi jadi Rumah Sakit Darurat Khusus Pasien Virus Corona

Beredar informasi yang menyatakan mantan pemain klub Manchester United, Christiano Ronaldo mengubah hotel pribadinya menjadi rumah sakit darurat khusus pasien Covid-19.

Faktanya, informasi tersebut dibantah oleh lembaga kesehatan di kota Lisbon, Portugal. Menurut seorang jurnalis asal Portugal, Philip Caetano, pria yang juga dipanggil CR7 ini tidak pernah memberikan pernyataan bahwa hotelnya dijadikan rumah sakit darurat khusus pasien Covid-19.

2. Pasar Tanah Abang Tutup Sementara untuk Cegah Corona

Beredar unggahan yang menginformasikan jika Pasar Tanah Abang ditutup sementara untuk mencegah penyebaran virus corona SARS-Cov-2. Dalam unggahan itu menyebutkan bahwa penutupan Pasar Tanah Abang dilakukan selama dua minggu, mulai 14-27 Maret 2020.

Faktanya, Manajer Bidang Umum dan Humas PD Pasar Jaya, Gatra Vaganza menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar. Gatra mengatakan pihaknya belum mengeluarkan rilis terkait penutupan Pasar Tanah Abang.

3. Antisipasi Corona, Seluruh BUMN DKI Ditutup

Beredar informasi pemberitaan yang menyatakan bahwa seluruh BUMN DKI Jakarta ditutup selama dua pekan.

Faktanya, Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan bahwa kabar tersebut hoaks dengan mengedit tampilan sebuah stasiun televisi swasta yang menayangkan Menteri BUMN Eric Thohir usai meninjau RS Pertamina Jaya di Cempaka Putih.


4. Video TKA China Datang di Bandara Haluoleo Kendari Membawa Virus Corona

Beredar sebuah video yang merekam kedatangan Tenaga Kerja Asing (TKA) dari China di Bandara Haluoleo Kendari. Dalam video itu terdengar suara seseorang meneriakkan para TKA China dan mengaitkan dengan virus corona SARS-Cov-2.

Faktanya, Kepala Kantor Perwakilan Kemenkumham Sultra, Sofyan, berdasarkan surat sertifikat kesehatan pemerintah Thailand sejak 29 Februari - 15 Maret 2020, para TKA telah dikarantina di Thailand.

5. China Akui Dokter Palestina Penemu Vaksin Corona yang Terbukti Ampuh 100 persen

Beredar artikel berujudul, "China Akui Dokter Palestina Penemu Vaksin Corona yang Terbukti Ampuh 100 persen." Di dalam artikel tersebut, disebutkan bahwa China secara resmi mengumumkan keberhasilan serum Palestina yang diberikan kepada Dr. Manar Saadi Al-Shenawi.

Faktanya, berdasarkan penelusuran tim AIS Kemenkominfo, tidak ada artikel yang menjelaskan soal klaim China mengakui dokter asal Palestina penemu vaksin corona.

6. 15 Warga Blitar Positif Corona

Beredar pesan berantai lewat layanan pesan instan, WhatsApp yang menyebutkan bahwa ada 15 warga Kabupaten Blitar positif Covid-19.

Faktanya, Kepala Kemenkominfo Pemkab Blitar Eko Susanto, informasi yang beredar itu hoaks. Selain itu, pihaknya sudah melakukan konfirmasi ke Dinas Teknis RSUD dan Dinas Kesehatan Blitar.

[Gambas:Video CNN]

7. Berkumur Air Hangat dengan Garam dan Cuka Bisa Hilangkan Virus Corona

Beredar unggahan bahwa berkumur dan minum air hangat yang dicampur dengan garam atau cuka dapat menghilangkan virus corona SARS-Cov-2.

Faktanya, klaim tersebut tidak benar. Berkumur dengan air hangan dengan campuran garam ataupun cuka telah lama digunakan sebagai cara menghilangkan gejala yang berhubungan dengan flu dan sakit tenggorokan.

8. Peta Sebaran Kasus Virus Corona di Kota Depok

Beredar artikel berita yang dikutip dari laman pikobar.jabarprov.go.id, yang mengungkapkan data di seluruh kecamatan Kota Depok terdapat pasien status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) pada Minggu (15/3).

Faktanya, Sekretaris Daerah Kota Depok, Hardiono memastikan berita terkait peta persebaran kasus virus corona SARS-Cov-2 di daerahnya adalah hoaks.

9. Surat Edaran Walikota Palembang Soal Virus Corona

Beredar sebuah unggahan terkait surat edaran yang berisi arahan atau tindak lanjut pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Palembang dengan nomor surat 443/-Huk/Dinkes.

Faktanya, Sekretaris Daerah Palembang, Ratu Dewa memastikan surat tersebut hoaks. Ratu mengatakan pihaknya belum mengeluarkan surat edaran terkait kebijakan libur sekolah untuk mencegah penyebaran virus corona SARS-Cov-2.

Halaman selanjutnya >> Menteri Nadien kena corona hingga Jokowi lakukan karantina parsial.

Menteri Nadien Kena Corona hingga Jokowi Lakukan Karantina Parsial

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
March 19, 2020 at 07:22AM
https://ift.tt/3daeUi3

Ada 250 Hoaks, Hotel Christiano Ronaldo Jadi RS Corona - CNN Indonesia
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ada 250 Hoaks, Hotel Christiano Ronaldo Jadi RS Corona - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.