Search

BNPB Ingin BPBD Ada di Bawah Koordinasinya, Begini Alasannya - Nasional Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) selama ini berada di bawah kewenangan pemerintah daerah. Kepala Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Bambang Surya Putra berharap kedepannya BPPD berada di bawah koordinasi BNPB.

"Kalau sekarang, kan, terserah kepala daerah. Hari ini mungkin kepala sekolah jadi kepala BPPD, besok mungkin perawat, dari berbagai profesi bisa masuk," kata Bambang saat ditemui di Sasana Krida Karang Taruna Bidara Cina, Jalan Baiduri Bulan, Jakarta, Sabtu, 4 Januari 2020.

Ia pun menyayangkan sikap sejumlah kepala daerah yang diduga asal menunjuk seseorang menjadi kepala BPBD. Padahal, kata Bambang, BPBD perlu orang-orang yang berintegritas, memiliki semangat, kemampuan, jiwa kemanusiaan, serta rasa perjuangan yang tinggi. "Karena ini perjuangan kemanusiaan," tuturnya.

Bahkan, kata Bambang, di sejumlah daerah posisi Kepala BPBD seolah menjadi "sisaan" saat kepala daerah bagi-bagi jabatan. "Daripada enggak dapat tempat di mana-mana, ditempatikan saja di BPBD," katanya.

Keinginan agar BPBD berada di bawah koordinasi BNPB ini diharapkan dimuat dalam revisi Undang-Undang tentang Penanggulangan Bencana yang sedang digodok oleh Dewan Perwakilan Rakyat.

"Kalau bisa di bawah BNPB keren, lebih bagus. Karena memudahkan kami untuk menggerakkan dan menstandardisasikan kemampuan," ujar Bambang.

Sebelumnya, Ketua Komisi Sosial DPR RI Yandri Susanto berjanji bakal segera membahas dan merampungkan RUU Penanggulangan Bencana. Hal ini disampaikan Yandri menyusul terjadinya banjir yang melanda Jabodetabek dan sejumlah wilayah Indonesia di awal tahun ini.

Yandri mengatakan RUU Penanggulangan Bencana ini sudah diusulkan masuk program legislasi nasional (Prolegnas) prioritas 2020. DPR akan mengesahkan Prolegnas prioritas di awal masa sidang berikutnya yang dimulai 13 Januari mendatang.

"Insya Allah dalam sebulan dua bulan ini RUU itu akan kami selesaikan," kata Yandri melalui telepon, Jumat, 3 Januari 2020.

AHMAD FAIZ | BUDIARTI PUTRI

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
January 05, 2020 at 07:45AM
https://ift.tt/37xsDM0

BNPB Ingin BPBD Ada di Bawah Koordinasinya, Begini Alasannya - Nasional Tempo.co
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BNPB Ingin BPBD Ada di Bawah Koordinasinya, Begini Alasannya - Nasional Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.