Search

29 Perusahaan Antre IPO Tahun Ini, Yuk Simak Ada yang Jumbo - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia mengantongi 29 nama perusahaan di pipeline yang siap melaksanakan pencatatan saham perdana melalui skema initial public offering (IPO) tahun ini.

Direktur Penilaian BEI, I Gede Nyoman Yetna membeberkan, dari 29 perusahaan tersebut ada 11 perusahaan dengan kategori aset di atas Rp 250 miliar. 12 perusahaan lainnya beraset menengah dengan kisaran Rp 50 miliar hingga Rp 250 miiliar. Sedangkan ada 6 perusahaan dengan aset di bawah Rp 50 miliar.

Meski tidak menyebut secara rinci nama-nama dari 29 perusahaan itu, jika dilihat secara sektornya, 9 perusahaan berada di sektor perdagangan, jasa dan investasi. Sektor terbanyak kedua adalah di properti, real estate dan konstruksi.

29 Perusahaan Antre IPO Tahun Ini, Ada Lion Air? Foto: CNBC Indonesia

Lainnya adalah di sektor keuangan, infrastruktur, utilitas dan transportasi, dan sektor barang konsumsi masing-masing 2 perusahaan.

Sektor selajutnya adalah aneka industri, industri dasar dan kimia dan agrikultur masing-masing satu perusahaan.

Seperti dituliskan sebelumnya, maskapai penerbangan Lion Air dikabarkan akan menjadi perusahaan publik tahun ini setelah dikabarkan melangsungkan roadshow untuk menjaring investor.

Dari roadshow ini, diperkirakan akan menyasar dana publik hingga US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 13,6 triliun (asumsi kurs Rp 13.600/US$).


Kepada CNBC Indonesia, CEO Lion Air Edward Sirait juga tak memberi informasi rinci ke negara-negara mana saja roadhow tersebut dilaksanakan. Pun dengan target IPO pada kuartal pertama di tahun 2020.

"Jika ada info segera dikabari," singkat Edward saat dikonfirmasi, Rabu (29/1/2020).

Lion Air sebelumnya menargetkan dapat melepas sahamnya pada kuartal pertama tahun ini setelah merencanakan IPO di tahun lalu namun tertunda.

Maskapai yang dimiliki Rusdi Kirana ini sudah mengajukan ke BEI untuk IPO dan masuk pipeline calon perusahaan tercatat di 2019. Nantinya, Lion air masuk dalam sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi.

Jika IPO Lion Air terealisasi, maka maskapai itu akan menjadi perusahaan penerbangan komersial ketiga yang tercatat di BEI setelah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) yaitu induk dari Garuda dan Citilink, PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP), dan Indonesia Air milik Grup MNC lewat bendera PT Indonesia Transport and Infrastructure Tbk (IATA). (hps/hps)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
January 31, 2020 at 11:52AM
https://ift.tt/2tdQuC2

29 Perusahaan Antre IPO Tahun Ini, Yuk Simak Ada yang Jumbo - CNBC Indonesia
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "29 Perusahaan Antre IPO Tahun Ini, Yuk Simak Ada yang Jumbo - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.