Search

Arca Ganesha Jadi Petunjuk Ada Ratusan Candi Tersembunyi di Dieng - Detiknews

Banjarnegara - Arca Ganesha dan atap candi di Dieng Wetan disebut sebagai penemuan arca terbesar di Dieng selama ini. Temun ini juga menguatkan pendapat bahwa di dataran tinggi ini terdapat lebih dari ratusan candi.

Hal ini disampaikan Penggiat Komunitas Cagar Budaya Banjarnegara Dhimas Ferdhianto. Dhimas merujuk pada tulisan Sir Thomas Stamford Raffles di buku The History of Java bahwa di Dieng terdapat lebih dari 400 candi, sehingga diduga masih banyak candi tersembunyi di kawasan Dieng yang belum ditemukan.

"Masih banyak arca maupun candi yang belum ditemukan sebagaimana data dari Raffles, pada 1800 an masih ada 400-an candi di Dieng," kata Dhimas saat dihubungi detikcom, Minggu (5/1/2020).


Dhimas mengatakan candi di kawasan Dieng memiliki ciri menggunakan batu andesit yang ringan. Diduga banyaknya candi yang rusak karena bahan ini memiliki karakteristik yang ringan dan mudah dipindahkan.

"Bebatuan pada candi di Dieng ini unik dibandingkan bebatuan penyusunan candi atau arca yang ada di Magelang atau Klaten. Batuanya cenderung lebih ringan sehingga mudah untuk dipindahkan," jelasnya.


Selain itu, faktor alam juga mendukung kerusakan candi. Kawasan Dieng tercatat beberapa kali mengalami aktivitas vulkanik, seperti gempa.
Arca Ganesha Jadi Petunjuk Ada Ratusan Candi Tersembunyi di DiengFoto: Proses ekskavasi arca Ganesha terbesar di Dieng (dok Aryadi Darwanto)

Hal itu diduga turut memperburuk kondisi situs yang ada. Beberapa yang menjadi korban dan tercatat adalah Kompleks Candi Parikesit, Nakula, Sadewa, Nalagareng dan Setyaki.

"Beberapa candi ini hancur setelah tanah sekitarnya terjadi longsor. Kemudian faktor lainnya adalah penerbitan izin yang dikeluarkan pemerintah pada masa kolonial, Dieng telah dibebaskan tanahnya ditambah kebijakan Presiden Soeharto yang membagikan setifikat lahan kepada para pendatang," bebernya.


Untuk diketahui, arca Ganesha terbesar di Dieng ditemukan petani kentang di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo pada 27 Desember 2019 lalu. Arca ditemukan saat petani tersebut tengah mencangkul kebun kentang. (ams/ams)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
January 05, 2020 at 12:57PM
https://ift.tt/2SP2ZOW

Arca Ganesha Jadi Petunjuk Ada Ratusan Candi Tersembunyi di Dieng - Detiknews
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Arca Ganesha Jadi Petunjuk Ada Ratusan Candi Tersembunyi di Dieng - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.