Search

BMKG: Ada 8 Kluster Sumber Gempa Potensi Aktif Bulan Ini - Tempo

TEMPO.CO, Bandung - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendata delapan kluster atau sebaran sumber gempa yang berpotensi terus aktif hingga Februari 2020. Dasarnya, aktivitas gempa-gempa kecil atau zona aktif sepanjang Januari 2020.

“Ini bisa jadi sampai Februari masih ada, tetapi bisa jadi pula ada kluster yang berubah tidak aktif atau bergeser ke zona lain,” kata Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Sabtu 1 Februari 2020.

BMKG mendata seluruhnya delapan kluster sumber gempa kecil itu. Mereka ada di daerah Nias, Simeulue, kemudian Bengkulu sebagai kluster yang pertama. Lalu Jawa Barat menjadi kluster tersendiri. Kelompok gempa di Bali, Lombok, Sumba di kelompokkan sebagai kluster ketiga. Kluster lain di Gorontalo, Laut Maluku, Ambon, Banda, dan Mamberamo Papua.

“Zona aktif yang masih bertahan seperti di Lombok, Ambon, dan Mamberamo," kata Daryono sambil menambahkan, "Namun demikian ada zona aktif yang cepat berakhir tanpa terjadi gempa kuat.”

Setiap akhir bulan BMKG selalu mengevaluasi aktivitas gempa bumi tektonik selama sebulan di wilayah Indonesia. Aktivitas gempa itu dipetakan menjadi produk peta aktivitas gempa bulanan atau peta seismisitas bulanan.

“Peta semacam ini perlu disampaikan kepada maayarakat, agar kita semua dapat mengetahui aktivitas gempa yang terjadi setiap bulan di wilayahnya,” ujarnya lewat keterangan tertulis.

Dari peta itu terlihat adanya kluster atau grombolan sebaran pusat-pusat gempa tektonik di beberapa wilayah. Meskipun besaran gempanya kecil dengan magnitude kurang dari 5,0 namun tetap disebut sebagai zona aktif.

“Peta zona aktif bukanlah prediksi gempa sehingga masyarakat tidak perlu takut dan khawatir melainkan tetap waspada” kata Daryono sambil menjelaskan bahwa pergeseran zona aktif dari waktu ke waktu dimungkinkan sebagai dinamika aktivitas gempa tektonik di Indonesia. “Ini wajar karena wilayah kita memiliki sumber gempa yang banyak.”  

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
February 01, 2020 at 01:06PM
https://ift.tt/2RKaW6Z

BMKG: Ada 8 Kluster Sumber Gempa Potensi Aktif Bulan Ini - Tempo
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BMKG: Ada 8 Kluster Sumber Gempa Potensi Aktif Bulan Ini - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.