Search

Istana: Tenang, Tak Ada Orang RI yang Terjangkit Corona - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Istana Kepresidenan membantah dengan tegas bahwa ada dua orang pasien yang diduga terjangkit virus corona di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat.

Juru Bicara Presiden bidang Sosial Angkie Yudistia memastikan bahwa sampai saat ini tidak ada satupun pasien yang positif terkena corona virus. Baik itu di Indonesia, maupun warga negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China.

"Terkait dua orang pasien yang dikabarkan terjangkit virus corona di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, Istana memastikan informasi ini tidak benar. Hingga saat ini belum ada pasien yang dinyatakan positif terjangkit," kata Angkie, Senin (27/1/2020).


Istana Kepresidenan menegaskan sampai saat ini masih terus berkoordinasi dengan kementerian kesehatan, dan lembaga terkait untuk memastikan pencegahan dan antisipasi persebaran virus corona berjalan optimal.
Istana: Tenang, Tak Ada Orang RI yang Terjangkit CoronaFoto: Angkie Yudistia (Screenshot instagram @angkie.yudistia)

"Istana memastikan langkah terbaik selalu ditempuh untuk mencegah adanya virus penyakit apapun, guna menjamin masyarakat agar dapat beraktivitas tanpa rasa takut," jelasnya.

Angkie menjelaskan saat ini pemerintah telah menyiapkan 100 rumah sakit di 31 provinsi dan tiga rumah sakit rujukan nasional di Jakarta dengan fasilitas memadai sebagai rujukan penyakit corona jenis baru.

"Pemerintah juga menyiapkan sejumlah laboratorium Bio Medis dan lima laboratorium regional yang memiliki fasilitas konfirmasi virus corona," jelasnya.

Angkie mengatakan, pemerintah pun tengah memperketat pemeriksaan di semua akses masuk bandara yang memiliki rute penerbangan internasional termasuk domestik, untuk pencegahan sedini mungkin.

Di Bandara Soekarno Hatta, telah diaktifkan alat pemindai suhu tubuh untuk mendeteksi gejala virus corona. Pemerintah juga meningkatkan sarana pencegahan virus di 19 daerah penerima kedatangan langsung dari Tiongkok.

"Untuk masyarakat Indonesia yang ada di Tiongkok, hingga informasi ini dirilis, tidak ada WNI yang terjangkit virus corona," jelas Angkie.

"Pihak KBRI di Tiongkok juga terus mendata kesehatan WNI yang berada di Tiongkok utamanya di Wuhan, dan mengimbau untuk segera berkomunikasi dengan pihak KBRI jika memerlukan bantuan," katanya.

Angkie mengimbau kepada masyarakat, untuk tetap tenang dan mengikuti perkembangan situasi melalui saluran informasi yang kredibel dan sumbernya dapat dipertanggungjawabkan.

"Istana mengimbau seluruh masyarakat dapat beraktivitas dengan tenang dan tetap memerhatikan kesehatan serta kebersihan sebagai mitigasi dini atas semua potensi penyakit yang bisa datang kapan saja," katanya.

[Gambas:Video CNBC]

(dru)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
January 27, 2020 at 06:35PM
https://ift.tt/2RtuAEg

Istana: Tenang, Tak Ada Orang RI yang Terjangkit Corona - CNBC Indonesia
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Istana: Tenang, Tak Ada Orang RI yang Terjangkit Corona - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.