Search

Ridwan Kamil: Tak Ada Urgensi Liburkan Sekolah karena Corona - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan belum ada rekomendasi dari Pemprov Jabar untuk meliburkan sekolah imbas peningkatan kasus virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Gubernur yang akrab disapa Emil itu menyebut yang perlu dilakukan adalah peningkatan kewaspadaan di lingkungan pendidikan.

"Saya kira tidak ada urgensi untuk meliburkan sekolah. Nanti pemerintah akan mengkaji jika sudah mendesak atau emergency," ujar Ridwan Kamil di Bandung, Senin (9/3).


Emil mengimbau agar seluruh sekolah menjalankan rambu dan arahan mengenai pencegahan virus yang telah menjangkit 19 warga di Indonesia tersebut. Emil mengaku telah memerintahkan 27 kepala dinas pendidikan se-Jawa Barat untuk menunda sejumlah kegiatan yang jauh dari luar sekolah.

"Serta kegiatan sekolah lainnya ke depan ada yang perlu diarahkan," kata Emil.

Emil juga mengingatkan saluran semua informasi resmi menyangkut Covid-19 ada di Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar), yang berada di gedung sate.

Emil juga meminta kepala dinas pendidikan di daerah memperkuat gerakan hidup sehat, selalu memastikan cuci tangan sebelum masuk kelas, memperbanyak keran cuci tangan dengan sabun antiseptik. Serta mengaktifkan gerakan bersih-bersih sekolah yang disertai disinfektan.

Lebih lanjut, Pemprov Jabar melalui Dinas Pendidikan juga sudah berencana melakukan prosedur kepada orang tua atau anak yang berpergian ke luar negeri.

"Diimbau tujuh hari melakukan karantina sendiri. Kalau tidak ada apa-apa bisa kembali lagi. Tapi kalau ternyata berlanjut, ada gejala untuk dilakukan prosedur berjenjang yang sudah kita lakukan," ujarnya.


ODP 580 orang. PDP 280 orang

Terpisah, Dinas Kesehatan Provinsi Jabar mencatat 280 warga masuk dalam kategori pasien dalam pengawasan (PDP) terkait virus corona. Sementara itu 580 orang berstatus orang dalam pemantauan (ODP).

"Data per Senin (9/3). Mereka tidak terkonsentrasi di satu daerah," kata Kepala Dinkes Jabar Berli Hamdani, Senin (9/3).

Berli menjelaskan, data tersebut merupakan akumulasi dari 27 kota/kabupaten yang melaporkan ke Dinkes Jabar.

[Gambas:Video CNN]

Ridwan Kamil: Tak Ada Urgensi Liburkan Sekolah karena CoronaFoto: CNN Indonesia/Fajrian

Menurut Berli, tidak semua pasien dalam pengawasan mesti dirawat di rumah sakit. Sebagian mereka ada yang mengikuti rawat jalan.

"Yang dirawat di rumah sakit hanya beberapa orang, mungkin enggak sampai 30 orang," ucapnya.

Terkait pasien yang dinyatakan negatif corona, sejumlah rumah sakit memang sudah memulangkan pasien. Di Rumah Sakit Hasan Sadikin misalnya, sudah memulangkan enam dari 11 pasien yang pernah menjalani pengawasan di ruang isolasi infeksi khusus. (hyg/ain)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
March 10, 2020 at 08:19AM
https://ift.tt/3aEi2k4

Ridwan Kamil: Tak Ada Urgensi Liburkan Sekolah karena Corona - CNN Indonesia
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ridwan Kamil: Tak Ada Urgensi Liburkan Sekolah karena Corona - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.