Search

Komisi III Sebut Ada Calon Hakim Agung yang Plagiat Tulisan - detikNews

Jakarta -

Komisi III DPR RI kembali menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon hakim agung hari ini. Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa mengungkapkan ada salah seorang calon yang menjiplak alias plagiat tulisan orang lain.

"Yang pertama adalah hari ini ada yang saya sebagai pimpinan rapat tadi, Pak Sartono. Pada saat dia membuat makalah untuk jadi hakim agung di Komisi III, menurut Pak Ichsan (Ichsan Soelistio) dari PDIP itu, mengutip tulisan orang," kata Desmond di gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Desmond mempertanyakan, bagaimana bisa calon yang plagiat itu bisa lolos seleksi di Komisi Yudisial (KY). Dia menilai KY tidak cakap dalam menyeleksi calon hakim agung.

"Nah, orang plagiat kayak begini bisa lolos di KY. Ada apa dengan KY? Inilah yang hari ini saya bilang berulang-ulang, kita tuh hati-hati, berarti KY-nya nggak beres. Coba kalau hari ini kita Pak Ikhsan tidak teliti, kita meloloskan orang yang plagiat di sana," tegas Desmond.

Bahkan, menurut Desmond, pihak yang tulisannya dijiplak itu telah melayangkan gugatan. Politikus Gerindra itu mengatakan Komisi III tidak mau mengambil risiko dengan meloloskan calon yang plagiat itu.

"Akhirnya penulis aslinya baca ini dan melakukan gugatan, kecolongan nggak Komisi III? Memalukan kan. Hari ini malu nggak itu tuh si Mahkamah KY meloloskan orang yang plagiat. Inilah saya pikir pimpinan KY sekarang, aneh-aneh luar biasa itu," tutur Desmond.

"Kalau Komisi III meloloskan orang yang plagiat, apa kata wartawan, kalian," imbuhnya.

Sekadar informasi, terdapat enam calon hakim agung yang mengikuti uji kelayakan di Komisi III. Sartono, calon yang disebut Desmond melakukan plagiat tulisan, merupakan Wakil Ketua III Pengadilan Pajak Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kinerja Hakim.

Berikut ini enam nama calon hakim agung yang telah diajukan KY ke DPR untuk disetujui:

1. Soesilo, hakim tinggi Pengadilan Tinggi (PT) Banjarmasin
2. Dwi Sugiarto, hakim tinggi PT Denpasar
3. Rahmi Mulyati, panitera muda perdata khusus MA
4. H Busra, Ketua PT Agama Kupang
5. Brigjen TNI Sugeng Sutrisno, hakim militer utama Dilmiltama
6. Sartono, Wakil Ketua III Pengadilan Pajak Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kinerja Hakim

Tonton juga video Komisi III DPR Gelar Fit and Proper Test Calon Hakim Agung MA:

[Gambas:Video 20detik]

(zak/idn)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
January 22, 2020 at 07:58PM
https://ift.tt/36kwKKq

Komisi III Sebut Ada Calon Hakim Agung yang Plagiat Tulisan - detikNews
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Komisi III Sebut Ada Calon Hakim Agung yang Plagiat Tulisan - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.