Search

Ada Soal Jiwasraya, Sri Mulyani: Stabilitas Keuangan Terkendali - Cek Fakta Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan atau KSSK Sri Mulyani menyatakan stabilitas sistem keuangan triwulan IV 2019 terkendali. Stabilitas itu terjadi meskipun saat ini ada masalah pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

"Pada sektor jasa keuangan, stabilitas tetap terjaga. Terkait permasalahan pada beberapa lembaga jasa keuangan, langkah-langkah penanganan secara terkoordinasi dan komprehensif terus dilakukan," kata Sri Mulyani di Gedung Djuanda Kemenkeu, Jakarta, Rabu, 22 Januari 2020.

Di sisi domestik, kata dia, perekonomian Indonesia tetap berdaya tahan. Hal itu ditandai dengan terjaganya pertumbuhan ekonomi ditopang konsumsi rumah tangga dan investasi khususnya di sektor bangunan. Ekspor juga mulai meningkat meskipun kinerja investasi non-bangunan masih perlu menjadi perhatian.

Neraca Pembayaran Indonesia, kata dia, secara keseluruhan tahun 2019 diprakirakan mencatat surplus yang dipengaruhi oleh aliran masuk modal asing yang besar dan defisit transaksi berjalan yang menurun. Nilai tukar rupiah mengalami penguatan didorong oleh berlanjutnya aliran masuk modal asing, bekerjanya mekanisme pasar, dan meningkatnya kepercayaan para investor. Demikian juga inflasi, tetap terkendali di dalam kisaran target.

"KSSK tetap mewaspadai potensi risiko yang berasal dari perekonomian global maupun dalam negeri dengan meningkatkan koordinasi kebijakan untuk mempertahankan stabilitas sistem keuangan dan menjaga momentum perlumbuhan ekonomi," ujarnya.

Hal itu disampaikan usai KSSK mengadakan rapat berkala pada hari Senin, 20 Januari 2020 di Kementerian Keuangan, Jakarta. Rapat dihadiri oleh Menteri Keuangan, Gubernur Bank Indonesia (BI), Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Rapat KSSK menyimpulkan stabilitas itu terjadi di tengah ketidakpastian perekonomian global yang menurun serta sorotan masyarakat terhadap permasalahan pada beberapa lembaga jasa keuangan di tanah air.

Sri Mulyani mengatakan terdapat sejumlah perkembangan positif terkait kemajuan perundingan perdagangan antara AS Cina, meskipun kelanjutan proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit) dan beberapa risiko geopolitik global masih perlu menjadi perhatian.

"Ketidakpastian yang mereda di triwulan IV 2019 juga berdampak pada menurunnya risiko di pasar keuangan global dan mendorong berlanjutnya aliran masuk modal asing ke negara berkembang termasuk Indonesia," kata Sri Mulyani.

HENDARTYO HANGGI

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
January 22, 2020 at 10:46AM
https://ift.tt/38usI3H

Ada Soal Jiwasraya, Sri Mulyani: Stabilitas Keuangan Terkendali - Cek Fakta Tempo
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ada Soal Jiwasraya, Sri Mulyani: Stabilitas Keuangan Terkendali - Cek Fakta Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.