Search

Ada Tren Jangka Menengah, Siap-siap IHSG Bisa Terbang Lagi - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Akibat perseteruan Amerika Serikat (AS) dan Iran, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tertekan pada Rabu kemarin (8/1/2019) dengan pelemahan 53 poin (-0,85%) ke level 6.225.

Untuk perdagangan hari in Kamis (9/1/2020), Tim Riset CNBC Indonesia memprediksi IHSG akan kembali bangkit dari pelemahan dan berpotensi bergerak pada rentang 6.220 hingga 6.300.

Dari global, Indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) akhirnya ditutup naik 0,56% atau 161 poin, indeks S&P 500 mengalami apresiasi 0,49% atau 15 poin, dan Nasdaq melesat 0,67% atau 60 poin.


Mood investor kembali setelah pidato Presiden AS Donald Trump yang mengedepankan sanksi ekonomi dari pada militer terhadap serangan Iran ke pangkalan militer AS di Irak. Trump juga mengatakan bahwa tidak ada orang Amerika yang terluka dalam serangan Rabu pagi (8/1) tersebut.

"Fakta bahwa kita memiliki militer dan peralatan hebat, kita tidak berarti harus menggunakannya. Kita tidak ingin menggunakannya. Kekuatan Amerika, baik militer maupun ekonomi, adalah pencegah terbaik," tegasnya lagi, dikutip Reuters.

Dari dalam negeri, Bank Indonesia (BI) merilis data cadangan devisa (Cadev) yang mengalami kenaikan US$ 2,5 miliar. BI mengungkapkan cadev bulan Desember menjadi US$ 129,18 miliar, lebih tinggi dari cadev bulan November yang tercatat US$ 126,63 miliar.

Secara teknikal, IHSG cenderung tertekan dalam 3 hari terakhir dengan kembali menembus level terendah kembali (lower low). Posisi IHSG juga masih bergerak di bawah rata-ratanya (moving average) selama 5 hari (MA5).

Potensi berbalik arah masih terbuka hari ini Kamis (9/1), dikarenakan tren jangka menengah pendeknya yang masih mengalami kenaikan (uptrend). Selain itu IHSG belum menyentuh level jenuh belinya (overbought) jika dilihat dari indikator teknikal Relative Strength Index (RSI).

Sumber: Refinitiv

TIM RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]

(yam/yam)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
January 09, 2020 at 08:51AM
https://ift.tt/2T6hKx1

Ada Tren Jangka Menengah, Siap-siap IHSG Bisa Terbang Lagi - CNBC Indonesia
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ada Tren Jangka Menengah, Siap-siap IHSG Bisa Terbang Lagi - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.