Search

Polri: Aksi di Beberapa Kota Tak Murni Mahasiswa, Ada Pendompleng - detikNews

Jakarta - Polri mengatakan pihaknya mengantongi bukti-bukti demonstrasi di beberapa wilayah tidak murni gerakan mahasiswa. Polri mengatakan ada bukti yang bisa menunjukkan demonstrasi tersebut ditunggangi pihak lain meski tak disebut siapa pendompleng demo tersebut.

"Sudah berkali-kali Pak Karo Penmas (Brigjen Dedi Prasetyo), Pak Kapolri (Jenderal Tito Karnavian) menyampaikan aksi di beberapa kota tidak murni lagi hanya adik-adik mahasiswa. Tapi ada pendompleng, penunggang, kita dapat buktikan. Ada beberapa petunjuk tentang itu," kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoram Baru, Jakarta Selatan, Kamis (27/9/2019).

Iqbal mengimbau masyarakat tidak terpancing dengan narasi-narasi provokatif yang dinilainya sengaja disebarkan untuk membuat gelombang kerusuhan yang lebih besar. Menurutnya, ada pihak yang ingin mengambil keuntungan dari kericuhan yang terjadi.

"Kami mengimbau agar seluruh masyarakat tidak terpancing dengan isu-isu yang sengaja dimainkan pihak ketiga untuk mengambil keuntungan agar gelombang anarkis semakin besar," ujar Iqbal.

Sebelumnya, Polri merilis data jumlah tersangka demo anarkis yang terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya (PMJ), Polda Sumatera Utara (Sumut), Polda Jawa Barat (Jabar), Polda Jawa Timur (Jatim) dan Polda Sulawesi Selatan (Sulsel). Total ada 99 orang tersangka yang diduga sebagai provokator dan pelaku kerusuhan.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Kamis (26/9), menegaskan Polri akan mendalami keterkaitan para tersangka di satu polda dengan polda lainnya.

"Semua itu akan dikoneksikan dari beberapa polda, apakah para tersangka memiliki keterkaitan, untuk menentukan master mind-nya siapa," ujar Dedi.

Simak juga video Video Anggota DPRD Sumbar Tantang Mahasiswa Turunkan Jokowi:

[Gambas:Video 20detik]


(aud/haf)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
September 27, 2019 at 01:18PM
https://ift.tt/2mfGlkQ

Polri: Aksi di Beberapa Kota Tak Murni Mahasiswa, Ada Pendompleng - detikNews
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Polri: Aksi di Beberapa Kota Tak Murni Mahasiswa, Ada Pendompleng - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.