Search

Ada Upaya Mendelegitimasi Gerakan Mahasiswa – Bebas Akses - kompas.id

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Mahasiswa memenuhi Jalan Jenderal Gatot Subroto di Kawasan Slipi saat mengikuti aksi unjuk rasa di sekitar Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Unjuk rasa menolak pengesahan RKUHP dan dibatalkannya pengesahan revisi UU KPK itu berakhir ricuh.

JAKARTA, KOMPAS – Sejumlah Badan Eksekutif Mahasiswa menengarai adanya upaya untuk mendelegitimasi gerakan mahasiswa, sehingga unjuk rasa di depan Kompleks Parlemen, Jakarta, kemarin, berakhir ricuh. Kendati demikian, mereka berkomitmen akan terus mengawal pembahasan sejumlah rancangan undang-undang yang bermasalah.

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia Manik Marganamahendra mengatakan, ada oknum yang menghasut massa mahasiswa untuk berbuat ricuh saat unjuk rasa menolak sejumlah rancangan undang-undang (RUU) yang bermasalah, digelar.

Oknum tersebut, kata dia, tidak mengenakan atribut kampus manapun. Padahal, para peserta demonstrasi telah diminta mengenakan almamater dan melengkapi diri dengan kartu tanda mahasiswa.

“Itu oknum yang ada di dalam massa. Bukan massa yang ingin menyampaikan aspirasi. Kami rasa itu massa di luar massa kami yang membuat kegaduhan,” ujarnya, di Kantor Lembaga Bantuan Hukum Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Baca juga: Polres Jakbar Amankan 17 Terduga Provokator

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia Manik Marganamahendra.

Dia menuturkan, kericuhan dimulai saat mahasiswa hendak berdialog dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo. Namun tiba-tiba, ada sekelompok orang yang mengarahkan untuk menggoyang pintu gerbang keluar/masuk Kompleks Parlemen.

Setelah itu, mereka membakar sesuatu yang memicu polisi mengerahkan mobil water cannon untuk menyemprot mahasiswa. Tidak berhenti sampai di sana, polisi juga menembakkan gas air mata ke arah kerumunan mahasiswa.

Manik mengatakan ulah oknum tersebut telah mendelegitimasi gerakan mahasiswa. Kericuhan yang terjadi saat unjuk rasa berpotensi membuat publik tidak lagi percaya dengan mahasiswa.

“Padahal ini gerakan yang betul-betul gerakan organik, massa yang meluapkan kemarahannya pada penguasa,” katanya.

Baca juga: Tiga Mahasiswa Jalani Perawatan di Rumah Sakit Pertamina

Pendapat serupa disampaikan Presiden BEM Universitas Gadjah Mada Atiatul Muqtadir yang menduga ada massa yang memprovokasi mahasiswa. Dia menjamin kerusuhan yang terjadi saat unjuk rasa bukan dipicu oleh mahasiswa.

“Kerusuhan tidak menjadi tujuan dari Aliansi Mahasiswa Indonesia,” ucapnya.

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Mahasiswa membubuhi mukanya dengan pasta gigi saat mengikuti unjuk rasa di sekitar Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (24/9/2019). 

Tetap mengawal

Kini, setelah melihat DPR bersama pemerintah telah memutuskan menunda pengesahan empat rancangan undang-undang (RUU) yang bermasalah, BEM UGM memutuskan untuk menahan diri. Terlebih setelah unjuk rasa di kompleks parlemen kemarin, berujung ricuh.

Sudah Berlangganan? Silakan Masuk

Good Day, It's Payday!

Diskon 30% langganan Kompas.id, buku reguler, board game, & kaus. Promo berlaku di official store Harian Kompas di marketplace*, 22-30 September

Namun dia memastikan, BEM UGM akan terus mengawal pembahasan keempat RUU kontroversial tersebut. Keempat RUU dimaksud, Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemasyarakatan, RUU Pertanahan, dan RUU Minerba.

Baca juga: Faisal Amir dalam Perawatan Intensif

Adapun untuk revisi UU KPK yang telah disetujui disahkan menjadi undang-undang oleh DPR bersama pemerintah, BEM UGM menyatakan mendukung langkah pegiat antikorupsi mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Saya pastikan kemarin bukan bentuk perjuangan terakhir, tapi perjuangan berikutnya akan dilakukan. Entah lewat aksi massa atau melalui jalur hukum,” katanya.

Lelah dibohongi

Komitmen untuk terus mengawal pembahasan RUU bermasalah muncul karena Atliatul mengaku sudah lelah dibohongi oleh DPR dan pemerintah. Jika tak dikawal, bukan tidak mungkin pasal-pasal yang kontroversial bakal lolos.

Ucapan elite DPR yang menyatakan telah memenuhi permintaan mahasiswa untuk menunda pengesahan RUU dinilai sebagai pemanis belaka agar situasi keamanan tidak menjadi lebih buruk.

Baca juga: Suara Mahasiswa Didengar

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Pengunjuk rasa memadati pertigaan Gejayan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, saat demonstrasi ”Gejayan Memanggil”, Senin (23//9/2019). Pengunjuk rasa, antara lain, mendesak pemerintah untuk membahas ulang pasal-pasal bermasalah dalam Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana. Mereka juga meminta pemerintah dan DPR merevisi Undang-Undang KPK yang baru disahkan.

“Ketika disampaikan ditunda, masih ada kemungkinan (RUU) diloloskan, ini perlu terus dikawal. Belum semua tuntutan kami dipenuhi, terutama soal RUU KPK. Kami tak ingin kecolongan lagi,” katanya.

Instruksi mundur

Sementara itu, Presiden BEM Universitas Trisakti Dinno Ardiansyah mengatakan telah meminta rekan-rekannya di Trisakti untuk mundur saat unjuk rasa kemarin, mulai tidak terkendali. Langkah itu diputuskan lantaran tak ingin rekan-rekannya terprovokasi oknum-oknum bukan mahasiswa yang turut dalam unjuk rasa.

Dinno menyampaikan, ada rencana mahasiswa mendatangi Istana Presiden untuk mendesak Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) yang bisa menganulir RUU KPK yang telah disahkan pemerintah dan DPR.

Baca juga: RUU Berpotensi Lemahkan KPK

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menilai aksi demonstrasi sudah tidak relevan lagi dilakukan. Hal itu karena DPR dan pemerintah telah bersepakat untuk menunda sejumlah RUU yang menuai penolakan publik.

“Masukan bisa diberikan lewat jalur-jalur yang lebih etis dan terhormat, yakni dialog yang konstruktif baik dengan DPR periode berikutnya atau dengan pemerintah. Maka saya imbau agar rencana demonstrasi yang menyangkut penolakan tentang RUU yang ditunda itu lebih baik diurungkan karena hanya menguras energi kita,” tutur Wiranto di kantornya.

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
September 25, 2019 at 06:15PM
https://ift.tt/2lulg61

Ada Upaya Mendelegitimasi Gerakan Mahasiswa – Bebas Akses - kompas.id
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ada Upaya Mendelegitimasi Gerakan Mahasiswa – Bebas Akses - kompas.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.