Search

Wiranto Ingatkan Ada Kelompok Baru Bakal Tunggangi Demo - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Menko Polhukam Wiranto mengingatkan semua pihak tidak terprovokasi dengan ajakan untuk demonstrasi. Sebab, ia mengatakan bakal ada kelompok baru yang akan memanfaatkan kegiatan tersebut untuk mengadu domba.

"Ada kelompok lain yang akan memanfaatkan dari teman-teman ini," ujar Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (27/9).

Wiranto membeberkan pihak yang akan dimanfaatkan oleh kelompok baru itu, yakni kelompok Islam garis keras, pengemudi ojek online, buruh, hingga paramedis. Ia mengklaim informasi berdasarkan laporan intelijen yang dia terima.

Ia khawatir pihak-pihak yang dimanfaatkan oleh kelompok baru itu, lanjut dia, bernasib sama dengan pelajar yang berdemo hingga melakukan tindak anarki beberapa hari lalu.

"Kemarin kan dalam dialog dengan kepolisian kan ditanya para pelajar, kamu demo untuk apa? enggak ngerti. Lalu sudah ada bukti bukti bahwa demo itu ada yang membayar lagi, ini bagaimana ini," ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Panglima ABRI ini menyampaikan tuntutan sebagian yang disampaikan mahasiswa lewat demo di depan Gedung DPR sudah dipenuhi oleh pemerintah. 

Bahkan, ia menyebut pemerintah tengah menyusun agenda dialog antara Presiden Joko Widodo dengan mahasiswa.

"Itu merupakan kehormatan, itu satu upaya untuk adanya komunikasi timbal balik antara mahasiswa dengan pemerintah. Tatkala itu sudah dipenuhi atau dalam proses dialog ya ini demonstrasi siapa? Tentunya bukan adik-adik mahasiswa lagi," ujar Wiranto.

Di sisi lain, Wiranto menegaskan tidak pernah menuding kelompok Islam garis keras bermain dalam kerusuhan beberapa hari lalu. Ia justru mengingatkan agar kelompok itu tidak dimanfaatkan oleh kelompok baru tersebut.

"Jadi harus jelas, jangan sampai diplintir-plintir saya diadu-adu lagi sama ya teman teman kelompok Islam dan sebagainya. Tidak ada ya tuduh menuduh, tidak ada," ujarnya.

"Tapi ada informasi, saya sampaikan ini loh ada kelompok baru yang akan mencoba demonstrasi itu dengan memanfaatkan teman-teman yang saya sebutkan tadi," ujar Wiranto.

Lebih dari itu, Wiranto berharap demonstrasi tidak dilakukan dengan anarki atau menutup jalan jika tetap berlangsung. Sebab, ia menyebut hal itu membuat resah masyarakat.

"Kita mengerti kalau demo itu langsung mengganggu kehidupan masyarakat, mengganggu kenyamanan masyarakat, jalan-jalan ditutup, mungkin ada pembakaran-pembakaran, orang jadi khawatir keluar. Ini semua kan mengganggu aktivitas masyarakat," ujarnya.

[Gambas:Video CNN] (jps/ugo)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
September 27, 2019 at 06:43PM
https://ift.tt/2nbnRSD

Wiranto Ingatkan Ada Kelompok Baru Bakal Tunggangi Demo - CNN Indonesia
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wiranto Ingatkan Ada Kelompok Baru Bakal Tunggangi Demo - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.