Search

Kominfo Sebut Ada 77 Aduan ASN, Tapi Kebanyakan Tak Relevan - Nasional Tempo.co

TEMPO.CO, Bogor - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan sudah ada 77 laporan yang masuk ke portal aduan khusus Aparatur Sipil Negara (ASN) per Senin, 25 November 2019. Pelaksana tugas Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu menyatakan aduan itu mencakup beberapa kategori.

"Aduan ASN sudah ada tujuh puluh tujuh aduan yang masuk," kata Ferdinandus di Aston Bogor Hotel and Resort, Bogor, Jawa Barat, Senin, 25 November 2019.

Ferdinandus merinci, ada 29 aduan terkait intoleransi, 3 aduan terkait anti-Pancasila, 17 aduan terkait anti-NKRI, 11 aduan terkait konten radikalisme, dan 17 aduan lainnya.

Akan tetapi, kata pria yang akrab disapa Nando ini, laporan-laporan itu tidak seluruhnya relevan. Beberapa aduan tidak detail, misalnya belum menyebutkan ASN yang dilaporkan itu berasal dari kementerian/lembaga mana.

Dia mencontohkan, dari rapat pada Jumat lalu, dari 50-an aduan yang masuk, baru 11 aduan yang sudah disertai dengan tautan postingan yang dilaporkan. Sedangkan ada sekitar 5-6 aduan yang ditengarai bersifat uji coba. "Dari lima puluhan itu lebih banyak yang tidak relevan," ujarnya.

Nando berujar, pihaknya akan menanyakan kepada pelapor agar melengkapi aduannya. Misalnya dengan menyertakan alat bukti berupa tautan postingan yang dimaksud.

Laporan-laporan yang masuk itu selanjutnya akan diverifikasi oleh tim satuan tugas dari 11 kementerian/lembaga yang tergabung dalam Surat Keputusan Bersama tentang penanganan radikalisme bagi ASN. Setelah diverifikasi, tim akan mengirimkan surat kepada kementerian/lembaga atau pemerintah daerah terkait untuk penjatuhan sanksi. "Sanksi paling ringan teguran, tidak langsung pencopotan," ujar Nando.

Selain sanksi teguran, lanjut Nando, akan ada pula rekomendasi sanksi pencopotan dari jabatan atau bahkan pemberhentian dari status ASN.

Kominfo sebelumnya bekerja sama dengan 10 kementerian dan lembag meluncurkan situs pelaporan ASN yang diduga terpapar radikalisme. Situs bernama aduanasn.id itu diklaim demi memastikan Pancasila dipegang teguh ASN.

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
November 26, 2019 at 03:08AM
https://ift.tt/2DgMHW3

Kominfo Sebut Ada 77 Aduan ASN, Tapi Kebanyakan Tak Relevan - Nasional Tempo.co
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kominfo Sebut Ada 77 Aduan ASN, Tapi Kebanyakan Tak Relevan - Nasional Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.