Bukalapak memang telah membuka learning centre di Universitas Cendrawasih, Papua. Hal itu semata-mata dilakukan untuk meningkatkan literasi ekonomi digital.
Hal ini sejalan dengan visi misi Bukalapak yakni pemerataan akses dan kesempatan untuk seluruh masyarakat, yakni kesetaraan kesempatan bagi para generasi muda usia produktif Indonesia mampu membangun ekosistem digital yang maju dimanapun mereka berada.
Selain itu, bertujuan untuk memperbanyak pelaku UMKM yang memanfaatkan teknologi digital dalam usaha mereka, Bukalapak pun bekerja sama dengan Komunitas Pelapak Jayapura untuk membuka kelas "Belajar Ngelapak Bareng Bukalapak".
Foto: Bukalapak (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
|
Dengan adanya program tersebut, Bukalapak ikut mendukung amanat Inpres No.9 Th. 2017, Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas); menjadikan Pembangunan di Tanah Papua sebagai fokus utama.
Menggandeng Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Bukalapak juga memiliki rencana untuk meningkatkan transformasi bisnis para pelaku UMKM di 34 dan 517 Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia.
Dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang memungkinkan Indonesia untuk lebih memberdayakan UMKM sebagai salah satu pemasok kebutuhan publik di tengah tingginya tingkat konsumsi masyarakat dan meningkatnya tren belanja online.
"Bukalapak tergerak untuk mendorong keberadaan teknologi untuk menciptakan sebuah ekosistem yang lebih efesien untuk para pelaku UMKM menjalankan bisnis digital," tulis Bukalapak dalam risetnya.
Dengan kehadiran platform belanja online seperti Bukalapak, para pelaku UMKM yang tadinya hanya dapat memasarkan barang dagangan dalam jangkauan pasar yang terbatas. Kini dapat bersentuhan dengan ratusan juta konsumen dan berpotensi untuk meningkatkan pendapatan tanpa mengeluarkan modal yang besar.
Selain itu, selama satu tahun terakhir, Bukalapak juga telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Bangka Belitung, Pemerintah Kota Kediri dan Pemerintah Kabupaten Blitar yang berdampak pada peningkatan kapasitas dan daya saing puluhan ribu pelaku UMKM di seluruh Indonesia.
Rangkaian program yang diselenggarakan oleh Bukalapak bersama dengan pemerintah daerah dan asosiasi dirancang sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah dan asosiasi
Dengan tujuan besar yang sama, yaitu untuk kemandirian ekonomi melalui pengembangan bisnis serta memperluas transformasi bisnis digital di kalangan pelaku usaha.
Ada berbagai beragam program yang telah dilakukan dan akan terus dilanjutkan oleh Bukalapak; merangkul pelaku UMKM sebagai Mitra Bukalapak, pengadaan Learning Center, hingga mentoring untuk pelaku bisnis pemula.
(dru)
"ada" - Google Berita
November 26, 2019 at 12:04PM
https://ift.tt/34lnVQh
Saat Bukalapak Eksis di Papua, Ada Apa? - CNBC Indonesia
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Saat Bukalapak Eksis di Papua, Ada Apa? - CNBC Indonesia"
Post a Comment