Search

Kuartal 3 Nyaris Tak Ada Inflasi, Masyarakat RI Sedang Susah? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Bulan September resmi berakhir pada hari Senin (30/9/2019) dan kita sudah memasuki bulan Oktober. Kini, data ekonomi untuk periode September sudah mulai dipublikasikan.

Di Indonesia, data ekonomi yang paling cepat dipublikasikan adalah data inflasi. Pada hari kerja pertama setiap bulannya, Badan Pusat Statistik (BPS) akan merilis angka inflasi untuk bulan sebelumnya. Pada bulan ini, hal yang sama kembali kita dapati.

Pada hari Selasa (1/10/2019), BPS merilis angka inflasi periode September 2019. Sepanjang bulan lalu, BPS mencatat bahwa Indonesia mengalami deflasi sebesar 0,27% secara bulanan (month-on-month/MoM), sementara inflasi secara tahunan (year-on-year/YoY) berada di level 3,39%. Deflasi pada bulan September menandai deflasi kedua di tahun 2019.

Deflasi pada bulan September lebih dalam dibandingkan dengan konsensus yang dihimpun oleh CNBC Indonesia yang memproyeksikan deflasi sebesar 0,15% saja secara bulanan. 

Jika ditotal untuk periode kuartal III-2019, Indonesia membukukan inflasi sebesar 0,16%. Inflasi pada kuartal III-2019 berada jauh di bawah rata-rata inflasi kuartal III dalam empat tahun pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mencapai 0,62%.

Di era pemerintahan Jokowi, inflasi kuartal III-2019 yang hanya sebesar 0,16% merupakan inflasi kuartal III terendah kedua di eranya, pasca pada kuartal III-2018 Indonesia hanya mencatatkan inflasi sebesar 0,05%.

Lantas, rendahnya inflasi pada kuartal III-2019 menimbulkan sebuah pertanyaan: apakah ini merupakan buah dari upaya pemerintah untuk mengontrol harga, terutama harga bahan makanan, atau justru ini merupakan bukti dari lemahnya daya beli masyarakat Indonesia?

BERLANJUT KE HALAMAN 2 -> Semua Karena Bahan Makanan

(ank/ank)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
October 03, 2019 at 06:56AM
https://ift.tt/2ps882B

Kuartal 3 Nyaris Tak Ada Inflasi, Masyarakat RI Sedang Susah? - CNBC Indonesia
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kuartal 3 Nyaris Tak Ada Inflasi, Masyarakat RI Sedang Susah? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.