Search

ESDM Tak Ada Wamen Lagi, Ini Kata Arifin Tasrif - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo mengumumkan 12 nama yang menjadi wakil menteri hari ini. Tapi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tidak kebagian kali ini.

Menteri ESDM Arifin Tasrif yang baru menjabat dalam hitungan hari tak banyak berkomentar soal ini. Iya hanya menjawab, "Kan kalau dibantuin enak," ujarnya saat dijumpai usai menunaikan salat Jumat di kantornya, Jumat (25/10/2019).


Jabatan wakil menteri di kementerian ESDM memang timbul tenggelam. Kadang ada, kadang tidak ada. Selama pemerintahan Joko Widodo di 2014 sampai 2019, Kementerian ini semula tak memiliki Wamen dan digawangi sendirian oleh Sudirman Said sejak 2014 sampai 2016.

Baru pada Oktober 2016 saat Jokowi menunjuk Ignasius Jonan sebagai Menteri ESDM, kementerian ini kembali memiliki wakil. Duduk di kursi wakil menteri saat itu adalah Arcandra Tahar. Arcandra sendiri semula pernah menjadi Menteri ESDM hanya dalam hitungan hari, ia diturunkan dari jabatannya karena diketahui memiliki dua paspor dan berkewarganegaraan ganda.

Dua hari menjabat, Arifin mengaku masih banyak mempelajari hal-hal terkait sektornya. Sehingga belum bersedia ditanya soal program-program ke depan. "Banyak yang dipelajari, nanti ya," kata Arifin sambil tersenyum.

Arifin Tasrif memang bukan nama baru di jajaran elite birokrat Indonesia. Sejak 2017, ia telah menjadi duta besar Indonesia untuk Jepang. Sebelumnya, lulusan ITB ini merintis karir di perusahaan pelat merah tepatnya di industri pupuk.

Lama menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Indonesia sejak resmi menjadi holding, dari 2010 sampai 2015. Sebelumnya, ia merupakan Direktur Bisnis PT Rekayasa Industri mulai dari 1995 sampai 2001, lalu menjadi Direktur Petrokimia Gresik dari 2001 sampai 2010.

Selama menjadi duta besar Jepang, Arifin juga berperan dalam kerja sama kedua negara dalam pengembangan energi baru dan terbarukan.

[Gambas:Video CNBC]

(gus)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
October 25, 2019 at 01:34PM
https://ift.tt/2PhIf0l

ESDM Tak Ada Wamen Lagi, Ini Kata Arifin Tasrif - CNBC Indonesia
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "ESDM Tak Ada Wamen Lagi, Ini Kata Arifin Tasrif - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.