Search

Depok & 5 Kota Latah Mau Bangun LRT, Ada Duitnya? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Rencana pembangunan LRT mulai mencuat di sejumlah daerah baru-baru ini seperti di Depok, Jawa Barat. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bahkan mengaku, usulan pembangunan LRT dari beberapa daerah sudah sampai ke mejanya.

"Jadi ada 5 kota yang ingin LRT, Bandung, Surabaya, Makassar, Semarang, dan Medan," ungkap Budi Karya Sumadi ketika ditemui di kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Senin (3/2/20) semalam.

Selain 5 kota tersebut, Kota Depok juga mewacanakan membangun moda transportasi berbasis rel. Belum ada kejelasan mengenai jenis moda transportasi ini akan berupa LRT, monorel, atau KRL.


Rencana tersebut sudah diumumkan Wali Kota Depok Mohammad Idris. Informasi tersebut disampaikan melalui akun instagramnya pada 25 Januari 2020 lalu. Dikutip CNBC Indonesia pada Selasa (4/2/20), moda transportasi berbasis rel yang dirancang memiliki 4 koridor.

Keempat koridor tersebut, yakni koridor 1 sepanjang 10,8 km yang dimulai dari Transit Oriented Development (TOD) Pondok Cina sampai Stasiun LRT Cibubur. Koridor 2 sepanjang 16,7 km dari TOD Pondok Cina sampai Cinere dan akan terkoneksi dengan stasiun MRT Lebak Bulus.

Koridor 3 sepanjang 10,7 km mulai dari TOD Depok Baru sampai Bojongsari dan koridor 4 sepanjang 13,8 km mulai dari TOD Depok Baru sampai TOD Gunung Putri.

Dalam keterangan unggahan akun tersebut, dijelaskan bahwa rencana ini sudah dikombinasikan dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

"Dalam diskusi tersebut, salah satunya kami mengusulkan untuk membangun transportasi umum berbasis rel yang nantinya dapat terkoneksi dengan moda transportasi umum lainnya," tulis Idris.

Namun, di lain pihak, Menhub Budi Karya Sumadi bilang, belum ada pengajuan pembangunan LRT dari Pemkot Depok. "[Usulan membangun LRT di] Depok malah belum masuk," urainya.

Pembangunan LRT memang sangat tidak murah, LRT Jakarta saat ini saja yang sudah bertarif komersial tak maksimal. Di Palembang, LRT juga nasibnya sama, butuh subsidi besar untuk mengoperasikan LRT. LRT Jabodebek saat ini belum tuntas pembangunannya, persoalan biaya juga sempat mencuat di proyek patungan BUMN ini.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
February 04, 2020 at 04:26PM
https://ift.tt/2RZLta1

Depok & 5 Kota Latah Mau Bangun LRT, Ada Duitnya? - CNBC Indonesia
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Depok & 5 Kota Latah Mau Bangun LRT, Ada Duitnya? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.