Search

Ada 270 Pilkada 2020, Demokrat Targetkan Menang di 200 Daerah - Suara.com

Suara.com - Pilkada 2020 akan di ikuti oleh 270 daerah di Indonesia, mulai dari tingkat kabupaten/kota maupun provinsi. Dari jumlah itu, Partai Demokrat menargetkan bisa memenangi pilkada di 200 daerah.

"Kita ingin memenangkan sebesar-besarnya, dari 270 kabupaten kota, insyaallah bisa dapat 200 alhamdulillah," kata salah satu politisi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng, di Hotel Horison Ultima Ratu, Kota Serang, Banten, Sabtu (29/02/2020).

Partai berlambang mercy itu juga menargetkan sembilan gubernur di Indonesia. Meski tidak semua kepala pemerintah tingkat provinsi berasal dari kader internalnya.

"Jadi lumayan, tetapi ada sembilan gubernur, rasanya kita juga bisa dapat, yang kita dukung atau kita usung, ya mudah-mudahan sembilannya," ujar dia.

Partai besutan SBY itu realistis untuk tidak mengusung kader internalnya di suatu daerah dalam kontestasi pilkada 2020 ini. Alasannya, ada beberapa daerah yang menggelar pilkada, namun raihan kursinya tidak mencukupi untuk mengusung calon seorang diri. Sehingga mau tidak mau, Demokrat harus menjalin koalisi dengan partai lainnya.

Jika tidak mengusung kader internal untuk berada di posisi pertama, setidaknya posisi kedua menjadi pilihan bagi Demokrat. Kalaupun dia opsi itu tidak memungkinkan, maka akan mendorong tokoh masyarakat di suatu daerah untuk maju sebagai calon kepala daerah berdasarkan kesepakatan partai koalisi.

"Jadi tentu saja bagi kami, kalau ada kader internal yang bisa bersaing, kita tentu saja akan mendorong kader kita yang kuat, mampu, sehat, untuk bersaing dengan kader dari partai lain. Kalau tidak nomor satu ya nomor dua. Kalau tidak ya kita harapkan ada kader dari masyarakat, mungkin selama ini independent, kemudian mau bergabung dengan partai Demokrat, kita usung menjadi kader Partai Demokrat," jelasnya.

Secara terbuka, Andi mengatakan, salah satu syarat untuk berkoalisi dengan Demokrat, calon kepala daerah itu mau dan mampu menerapkan 14 program prioritas SBY di masa pemerintahannya. Pria dengan kumis tebal ini mengklaim partainya masih dilirik oleh masyarakat Indonesia, terutama kalangan milenial dengan ketokohan dari AHY.

"Ada berbagai program pro rakyat dari SBY waktu itu (menjabat Presiden) dan itu hanya bisa di implementasikan kalau kita punya bupati, wali kota, gubernur, yang ada di daerah, termasuk wakil-wakilnya. Daya tarik Partai Demokrat apalagi ada tokoh muda AHY, kaum milenial kedepan justru tertarik bergabung dengan Partai Demokrat," imbuh Andi.

Kontributor : Yandhi Deslatama

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
March 01, 2020 at 07:07AM
https://ift.tt/2wg1EYg

Ada 270 Pilkada 2020, Demokrat Targetkan Menang di 200 Daerah - Suara.com
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ada 270 Pilkada 2020, Demokrat Targetkan Menang di 200 Daerah - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.