Search

Ada Virus Corona, Pemerintah Hentikan Impor Hewan Hidup dari Cina - Tempo.co

Tempo.Co, Jakarta - Pemerintah memastikan akan menghentikan impor hewan hidup dari Cina, menyusul mewabahnya Virus Corona di negara tirai bambu itu. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, hal itu dilakukan berpatokan pada panduan protokol kesehatan yang menyebut bahwa metode transmisi Virus Corona ini dapat menular melalui orang per orang dan hewan hidup.

"Maka dari itu, pemerintah membuat kebijakan melarang impor hewan hidup dari Cina. Kalau ada yang sekarang dikirim ke Indonesia, akan kami kembalikan," ujar Airlangga usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat pada Selasa, 4 Februari 2020.

Terkait dengan impor barang yang tak terkait dengan penularan, ujar Airlangga, maka perdagangan akan terus berlanjut. "Termasuk hortikultura seperti bawang putih dan buah-buahan," ujar dia.

Menurut Airlangga, kebijakan pemerintah ini tidak berlebihan melihat bahayanya Virus Corona yang bisa menyebabkan kematian. "Semua kebijakan yang kita ambil itu berbasis global health protocol," ujar dia.

Sebelumnya, Duta Besar Cina untuk wilayah Indonesia, Xiao Qian, menyebut kebijakan pemerintah menghentikan kegiatan impor produk-produk asal Cina untuk menekan penyebaran Virus Corona, terlalu berlebihan.

"Tadi saya lihat ada berita pemerintah Indonesia akan menghentikan impor untuk mencegah Virus Corona masuk ke Indonesia. Kami memberikan perhatian atas tindakan itu. Sampai sekarang belum ada bukti bahwa Virus Corona bisa ditularkan lewat barang," ujar Xiao Qian dalam jumpa pers di kediamannya, Selasa, 4 Februari 2020.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menegaskan bahwa penghentian impor barang-barang dari Cina itu tidak berlaku menyeluruh. Hanya barang-barang impor tertentu yang akan dilarang masuk Indonesia.

"Hanya hewan hidup, yang lain enggak. Makanan yang holtikultura tetap jalan," ujar Agus di Istana Bogor, Jawa Barat pada Selasa, 4 Februari 2020.

Menurut Agus, penghentian impor itu pun hanya bersifat sementara, namun belum ditentukan batas waktunya. "Sifatnya sementara, jumlahnya juga gak besar lah," ujar dia.

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
February 04, 2020 at 07:58PM
https://ift.tt/38YRsRY

Ada Virus Corona, Pemerintah Hentikan Impor Hewan Hidup dari Cina - Tempo.co
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ada Virus Corona, Pemerintah Hentikan Impor Hewan Hidup dari Cina - Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.