Search

Jangan Senang Dulu! PNS Tak Wajib Ngantor, Ada Targetnya Lho - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo buka suara perihal rencana Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa yang tengah menggodok skema kerja PNS tak wajib ngantor.

Berbicara di kompleks Istana Kepresidenan, Tjahjo menegaskan bahwa memang dimungkinkan bagi PNS bekerja dari rumah. Namun, dapat dipastikan tidak semua abdi negara bisa begitu saja tidak ke kantor.

"Intinya kan kecepatan untuk bekerja. Dengan dia di rumah kan juga bisa bekerja. Jangan di rumah pulang istirahat. Orang di rumah juga bisa kerja, saya bisa kerja di mobil," kata Tjahjo, Kamis (21/11/2019).

Tjahjo mengatakan, PNS yang tak wajib berkantor akan diberikan target kinerja agar abdi negara tetap menjalankan tugas sebagaimana mestinya, meskipun pekerjaan yang dilakukan tidak di dalam kantor.

"Semua harus ada target kerja. Saya dibebani untuk mempercepat penataan struktur dan hirarki reformasi birokrasi harus cepat karena menyangkut layanan umum, menyangkut investasi," tegasnya.

Tjaho bahkan tak menutup kemungkinan apabila PNS yang tak wajib ngantor tidak mencapai target kinerja, akan diberikan sanksi tegas. Sanksi yang diberikan pun beragam, mulai dari sanksi administrasi hingga sanksi berat.

"Di birokrasi, target. Ini lho visi-misi presiden reformasi birokrasi. Apa toh? investasi, pelayanan, anda kalau mau buat setahun berarti investasinya mundur setahun, melayani masyarakat ya mundur setahun," tegasnya.

Namun, Tjahjo menegaskan bahwa rencana ini belum tentu akan dieksekusi dalam waktu dekat bagi seluruh aparatur negara. Saat ini, KemenPANRB akan membahas rencana ini lebih dalam.

"Saya belum berani berkomentar karena tadi, output nya harus bagaimana, kemudian dari sisi kinerjanya bagaimana, jangan sampai dia sering tugas di rumah, kerja di luar nggak ada artinya," katanya.

Sebagai informasi, sistem kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) bakal berubah. Ke depannya, para abdi negara bisa mengerjakan tugas di rumah masing-masing layaknya perusahaan rintisan (startup).

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)‎/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) saat ini tengah menggodok skema kerja PNS tak wajib ngantor. Ada sekitar 1.000 PNS yang akan bekerja secara 'mobile', tapi PNS yang fungsional saja, bukan yang struktural.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
November 21, 2019 at 03:59PM
https://ift.tt/2OzaaH3

Jangan Senang Dulu! PNS Tak Wajib Ngantor, Ada Targetnya Lho - CNBC Indonesia
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jangan Senang Dulu! PNS Tak Wajib Ngantor, Ada Targetnya Lho - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.