Search

Minta Fraksi Lobi-lobi soal Pimpinan AKD, Puan: Prinsipnya Tak Ada Ribut - detikNews

Jakarta - Rapat konsultasi pengganti rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk membahas Alat Kelengkapan Dewan (AKD) telah selesai dilaksanakan hari ini. Sejumlah posisi pimpinan AKD telah disepakati, tapi Ketua DPR Puan Maharani masih mempersilakan fraksi-fraksi melakukan lobi.

"Sudah disepakati 11 komisi, kemudian terkait dengan BKSAP (Badan Kerja Sama Antar-Parlemen), terkait dengan BAKN (Badan Akuntabilitas Keuangan Negara), itu sudah disetujui. Namun ada beberapa hal yang saya memberikan kesempatan untuk musyawarah dan mufakat," kata Puan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (7/10/2019).

"Prinsipnya, semuanya ini ya nggak ada ribut-ribut, semuanya akan dikonsultasikan atau disinergikan kembali," imbuhnya.


Puan meminta para pimpinan fraksi bermusyawarah terkait AKD. Ia mengatakan DPR harus mengedepankan prinsip keharmonisan sesuai dengan undang-undang.

"Beberapa hal sudah disepakati, beberapa hal lagi saya meminta kepada seluruh pimpinan fraksi untuk melakukan musyawarah dan mufakat terkait hal-hal yang memang harus dilakukan. Prinsipnya adalah kita harus menjaga harmonitas yang ada di DPR, sesuai dengan undang-undang, kemudian semua dilakukan dengan cara musyawarah dan mufakat," jelas Puan.

Puan berharap pimpinan AKD dapat secepatnya disahkan dalam rapat paripurna. Ia menargetkan pengesahan itu sudah dilakukan sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2019.

"Secepatnya (disahkan di rapat paripurna). Kalau bisa minggu ini, minggu ini. Kalau belum bisa minggu ini, minggu depan masih ada waktu. Ya targetnya sebelum pelantikan presiden tanggal 20 (Oktober)," ujar Puan.


Sebelumnya, Puan Maharani memastikan pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) akan dibagi untuk setiap fraksi. Puan memastikan posisi pimpinan AKD akan dibagi secara proporsional.

"Ya sesuai dengan UU MD3 kan memang semua itu akan proporsional sesuai dengan perolehan kursi atau suara saat pemilu. Namun saya berharap bahwa semua proses ini tetap aja akan kita lakukan secara musyawarah mufakat," ujar Puan.

Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPR terdiri atas para pimpinan komisi dan pimpinan badan. Pimpinan AKD meliputi 11 pimpinan komisi yang terdiri atas satu ketua dan 3 wakil ketua, BAKN, BKSAP, Badan Anggaran (Banggar), Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), Badan Legislasi (Baleg), dan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Tonton juga video Tingkat Kepercayaan DPR Rendah, Puan: Butuh Proses dan Waktu:

[Gambas:Video 20detik]

(azr/elz)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
October 07, 2019 at 02:29PM
https://ift.tt/2p0WWdm

Minta Fraksi Lobi-lobi soal Pimpinan AKD, Puan: Prinsipnya Tak Ada Ribut - detikNews
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Minta Fraksi Lobi-lobi soal Pimpinan AKD, Puan: Prinsipnya Tak Ada Ribut - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.