Search

Mahfud Md: Tak Ada yang Hidupkan Penataran P4, Informasi Geblek - Nasional Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md membantah pemerintah ingin menghidupkan lagi penataran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (Penataran P4). Menurut dia, kabar yang beredar di sejumlah media tidak tepat.

"Itu informasi geblek. Enggak ada yang bilang mau hidupkan penataran P4," kata Mahfud di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis, 20 Februari 2020.

Mahfud bercerita mulanya ada wartawan yang bertanya apakah tidak ada penataran yang seperti P4. Ia menjawab jika yang ada adalah penataran ideologi, bukan penataran P4. Alasannya P4 sudah tidak bisa dihidupkan lagi. "Jadi ndak akan ada Penataran P4. Itu omong kosong. Hanya judul berita enggak ada isinya," tuturnya.

P4 atau juga dikenal sebagai Ekaprasetya Pancakarasa merupakan hasil dari Ketetapan MPR No 2 Tahun 1978. Pemerintah orde baru berharap dari P4 ini ada kesatuan di masyarakat Indonesia dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Namun dalam prakteknya, rezim orde baru menggunakan penataran P4 sebagai instrumen diktatorianisme. Setelah orde baru tumbang, penatara ini pun dicabut lewat Ketetapan MPR no XVIII/MPR/1998 dan termasuk dalam kelompok Ketetapan MPR yang sudah bersifat final atau selesai dilaksanakan menurut Ketetapan MPR no. I/MPR/2003.

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
February 20, 2020 at 06:24PM
https://ift.tt/32cVJiu

Mahfud Md: Tak Ada yang Hidupkan Penataran P4, Informasi Geblek - Nasional Tempo.co
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mahfud Md: Tak Ada yang Hidupkan Penataran P4, Informasi Geblek - Nasional Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.