Search

Saling Lempar di Proyek IDD, Ada Apa dengan SKK & Chevron? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia- Proyek migas laut dalam RI dengan nilai investasi US$ 5 miliar atau setara Rp 70 triliun masih tak jelas sampai saat ini.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) dan Chevron seakan-akan masih saling tarik ulur terkait proyek yang menentukan masa depan gas Indonesia ini.


Beberapa bulan lalu sempat terendus operator proyek ini bakal diganti, tak lagi Chevron yang sudah memegang proyek ini selama 12 tahun. Namun, sampai hari ini tetap tak ada kepastian.

Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman mengatakan tidak tahu soal Chevron bakal keluar atau tidak dari proyek Indonesia Deepwater Development (IDD) tersebut. Ia hanya bilang bakal ada perubahan konsorsium.

"Masih nunggu ini juga, IDD masih cari partner juga. Saya gak tahu Chevron keluar atau tidak, tapi konsorsium berubah saja. Dia tidak bilang keluar, dia lagi cari inilah untuk bisa dikembangkan," ujar Fatar Yani dijumpai di Kementerian ESDM, Senin (7/10/2019).

Namun, SKK memberikan waktu kepada Chevron sampai Januari nanti untuk menyerahkan laporan kepada pemerintah. Apakah sudah mendapatkan partner atau apapun yang bisa memberi kepastian soal pengelolaan proyek. "Mau partner atau apa ini proposal terakhir kami" imbuhnya.

Untuk tenggat penyerahan rencana pengembangan atau PoD, kata dia, juga sudah ditekankanke Chevron namun tak bisa dipaksakan karena belum ada kesepakatan nilai keekonomian.

Proyek IDD yang digagas 2007 (12 tahun lalu) berada di Cekungan Kutai (Kutai Basin), Kalimantan Timur. IDD merupakan proyek laut dalam yang semula dikembangkan oleh Chevron Indonesia Company (Cico) melalui empat production sharing contract (PSC) yaitu: PSC Ganal, Rapak, Makassar Strait dan Muara Bakau.

Proposal rencana pengembangan proyek (Plan of Development/PoD) berganti-ganti seiring dengan fluktuasi harga minyak dunia, dari US$ 6,9 miliar meroket ke US$ 12 miliar, lalu terus turun hingga menjadi US$ 5 miliar pada tahun lalu.

(gus)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
October 07, 2019 at 08:35PM
https://ift.tt/31W6Mf5

Saling Lempar di Proyek IDD, Ada Apa dengan SKK & Chevron? - CNBC Indonesia
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Saling Lempar di Proyek IDD, Ada Apa dengan SKK & Chevron? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.