Search

Pernikahan keluarga Kerajaan Inggris: Dari St George's Chapel sampai ke St Paul's Cathedral

St George's Chapel atau Kapel St George di Kastil Windsor akan menjadi tempat pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada Sabtu (19/05) mendatang.

Namun pewaris takhta keenam kerajaan Inggris itu bukan yang pertama kali menikah di Kastil Windsor—sekitar 45km dari London—karena dia sebenarnya mengulang yang dilakukan pamannya, Pangeran Edward, pada 1999.

Sementara Pangeran William—pewaris takhta urutan kedua—dan Kate Middleton menikah di Westminster Abbey, London, sama seperti Ratu Elizabeth II dengan Pangeran Philip tahun 1947 lalu.

Berikut sejumlah cerita tentang berbagai tempat yang dipakai oleh anggota keluarga kerajaan saat menikah.

St George's Chapel, Windsor

Tanggal 19 Mei, pukul 12 siang, Pangeran Harry akan menikah dengan Meghan Markle di Kapel St George, dengan pemberkatan yang dipimpin Dean of Windsor, David Conner, sementara Uskup Agung Canterbury akan memimpin pembacaan janji pernikahan.

Setelah itu pasangan pengantin baru tersebut akan mengelilingi Windsor dengan menggunakan kereta untuk menyapa khalayak umum yang sudah menanti sejak pagi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan resepsi di St George's Hall, di dalam Kastil Windsor.

Keluarga kerajaan memang memiliki sejarah panjang dengan kapel yang didirikan Raja Edward III pada tahun 1348.

Berbagai upacara pembaptisan, pemakaman, dan pernikahan berlangsung di sini, seperti pada tanggal 9 Juni 1999 ketika Pangeran Edward menikahi Sophie Rhys-Jones dan juga pemberkatan untuk pernikahan kedua Pangeran Charles dengan Camilla Parker Bowles pada tahun 2008.

Pangeran Harry sendiri dulu dibaptis di Kapel St George pada bulan Desember 1984.

Gereja kecil ini merupakan bagian dari College of St George, kelompok keagamaan yang menggunakan berbagai bangunan di sekitarnya, dengan luasnya sekitar seperempat dari total Kastil Windsor. Pemugaran besar-besaran kapel dan bangunan di sekitarnya terakhir kali dilakukan pada tahun 2004.

Pembangunan Kastil Windsor ini ditentukan oleh William the Conqueror karena mudah dicapai dari London, berada di dekat sungai Thames, dan juga dekat dengan tempat perburuan era zaman Saxon.

Dia mulai membangun berbagai gedung di Windsor pada sekitar tahun 1070 dan sekitar 16 tahun kemudian rampung. Kastil ini pada mulanya didirikan untuk menjaga jalan ke London dari arah barat.

Dinding kastil aslinya terbuat dari kayu, tetapi pada akhir abad ke 12 Raja Henry II mulai menggantikannya dengan batu.

Gedung berbentuk kotak ala zaman Norman ini dibangun kembali bersamaan dengan restorasi Round Tower pada tahun 1170 dan bagian luarnya diperbarui selama 60 tahun berikutnya.

Adalah Raja Henry VIII yang menyelesaikan bangunan di Lower Ward dan menambahkan kapel baru yang besar, di samping menambah tempat tinggal pribadi di Upper Ward serta merampungkan lingkaran dinding batu di sekitar Lower Ward.

Adapun Windsor merupakan kastil tertua dan terbesar di dunia yang masih didiami keluarga kerajaan. Sampai saat ini sudah 39 pemimpin kerajaan Inggris yang tinggal di sana sedang Ratu Elizabeth II lebih sering menghabiskan akhir minggu di kastil tersebut.

Pada 20 November 1992, kebakaran yang terjadi merusak 115 ruangan, termasuk sembilan Ruang Kenegaraan. Kebakaran itu terjadi karena tirai yang terbakar lampu dan diperlukan lima tahun untuk merestorasinya.

Westminster Abbey

Sama seperti orang tuanya, Putri Elizabeth menikahi Pangeran Philip di Westminter Abbey pada tanggal 20 November 1947.

Pemberkatan pernikahan kedua mempelai dilakukan Uskup Agung Canterbury, Geoffrey Fisher, dan Uskup Agung York, Cyril Garbett. Upacara tersebut direkam dan disiarkan Radio BBC ke 200 juta orang di seluruh dunia.

Usai pemberkatan nikah, Elizabeth dan Philip kemudian mengikutu jamuan di Istana Buckingham.

Pewaris takhta kedua, Pangeran William mengikuti jejak neneknya saat menikahi Catherine Middleton di Westminster Abbey pada 29 April 2011.

Setelah upacara yang dipimpin Uskup Agung Canterbury, Rowan Williams, kedua mempelai melambaikan tangan ke kerumunan orang dari Inggris dan berbagai negara lain dunia dari balkon Istana Buckingham.

Gereja yang beralamat di 20 Deans Yard ini pertama kali dipakai sebagai tempat pernikahan kerajaan pada tahun 1100, saat Raja Henry I menikah dengan Putri Matilda dari Skotlandia.

Sebagian dari bangunan Westminster Abbey yang ada sekarang ini telah dipugar pada tahun 1245 oleh Raja Henry VIII.

Dia membangun gereja yang lebih megah dengan gaya Gothic.

Salah seorang yang memimpin pembangunan kembali Westminsten Abbey, Henry of Reyns, sangat dipengaruhi arsitektur katedral Perancis, yang bisa dilihat pada lengkungan runcing, kubah berbingkai, jendela bundar hias, dan dinding penopang struktur kubah.

Di tempat ini terdapat juga bagian dari altar tertua Inggris, Westminster Retable -dari abad ke 13- yang berukuran 97 x 333 cm dan terbuat dari kayu ek Eropa serta Inggris.

Gereja ini sampai sekarang masih digunakan sebagai tempat kebaktian untuk warga umum, selain untuk penobatan jabatan-jabatan penting dan pemakaman, maupun pernikahan.

St Paul's Cathedral

Salah satu pernikahan kerajaan yang mendunia adalah saat Pangeran Charles menikahi Lady Diana Spencer pada hari Rabu, 29 Juli tahun 1981 di St Paul's Cathedral atau Katedral St Paul.

Upacara pernikahan yang dilakukan mengikuti tradisi Gereja Inggris itu dihadiri sejumlah anggota keluarga kerajaan dunia, kepala negara, dan tentu saja anggota keluarga kedua pengantin.

Pernikahan yang disebut-sebut mirip dongeng dan mewakili perkawinan abad ke-20 itu ditonton sampai sekitar satu miliar orang di dunia. Namun pasangan yang memiliki dua anak -Pangeran William dan Pangeran Harry- berpisah pada tahun 1992 sebelum resmi bercerai pada 1996.

Putri Diana sendiri meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas di Paris pada 31 Agustus 1997.

Pernikahan pertama putra mahkota Inggris itu dilakukan di katedral pertama yang dibangun setelah Reformasi Inggris pada abad ke 16, ketika Raja Henry VIII menarik Gereja Inggris dari kekuasaan Paus di Vatikan dan Kerajaan yang mengambil alih gereja.

Bangunan sekarang ini -yang merupakan maha karya arsitek terkenal Inggris, Sir Christopher Wren- adalah gedung ke empat yang didirikan di tempat tersebut.

Gereja ini didirikan antara tahun 1675 sampai 1710 setelah karena bangunan sebelumnya rusak karena Kebakaran Besar London dan St Paul's mulai digunakan sebagai rumah ibadah pada tahun 1697.

Katedral ini diantaranya memiliki ruang bawah tanah dan Galeri Emas yang berada 111 meter di atas permukaan tanah London.

Altar tingginya dibuat pada tahun 1958 dengan bahan marmer dan pahatan kayu ek yang dilapisi emas. Kubahnya berdasarkan gambar Wren tetapi baru dibangun setelah arsitek itu meninggal.

Serangan bom Perang Dunia Kedua sempat merusak sebagian besar bagian timur Katedral.

Let's block ads! (Why?)

Read More http://www.bbc.com/indonesia/majalah-44055565

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pernikahan keluarga Kerajaan Inggris: Dari St George's Chapel sampai ke St Paul's Cathedral"

Post a Comment

Powered by Blogger.