Search

29 Tahun Anne Avantie, Ditemani Selebriti sampai Menteri Susi

Jakarta, CNN Indonesia -- Di Sekarayu Sriwedari, Solo 29 tahun lalu, Anne Avantie sama sekali tak menyangka koleksi busananya akan dikenakan figur-figur ternama dan gerainya bakal menempati pusat-pusat perbelanjaan besar di Jakarta. Ia baru mengawali karier kala itu. Usianya masih 13 tahun.

Namun lihatlah Anne Avantie kini. Bicara kebaya anggun, pasti ingat Bunda Anne, sapaan akrabnya. Orang biasa sampai selebriti dan tokoh politik mengenakan rancangannya.

Anne pun mengenang masa-masa 29 tahun ia berkarya lewat Pagelaran 29 Tahun Berkarya. Pertunjukan tunggal yang digelar pada Kamis (29/3) malam itu menjadi bagian dari pekan mode Indonesia Fashion Week (IFW) 2018. Pagelaran malam itu pun bertabur bintang.

Ada sekitar 100 koleksi yang ditampilkan di acara itu.

Anne Avantie memamerkan 100 koleksi busananya.Anne Avantie memamerkan 100 koleksi busananya. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Sebelum acara Anne mengungkapkan, Sekarayu Sriwedari adalah inspirasinya sejak 29 tahun lalu. Di taman budaya itu, Anne remaja mulai menumbuhkan minat dan belajar mengolah kain. Taman itu pula yang mempertemukannya dengan sosok seniman, termasuk Guruh Soekarnoputra.

"Waktu dulu saya melihat Guruh di Istana Mangkunagaran dan saya tertarik sekali dengan penata kostumnya yang membuat saya bercita-cita menjadi seorang perancang," kata Anne.

Perlahan, Anne mulai membuat kain yang dibutuhkan oleh para penari untuk pentas. Saat itu ia menyewakan satu set kostum panggung dengan harga Rp5 ribu. Kelamaan, kemampuannya berkembang. Ia mulai fokus ke busana-busana khas Indonesia, yakni kebaya.


Anne pun perlahan dikenal sebagai salah satu desainer kebaya ternama di Indonesia. Busana rancangan Anne banyak menjadi hit dan dikenakan dalam berbagai acara.

Pagelaran 29 Tahun Berkarya Anne dimulai dengan menampilkan rangkaian kebaya sederhana dengan motif bunga atau sekar. Kebaya itu dominan berwarna kain hijau muda yang menyala dipadukan selendang merah. Sequence kedua muncul dengan tampilan kebaya yang lebih mewah.

Rona anggun terpancar dari warna gelap seperti hijau tua dipadu dengan kain bercorak emas.

Anne Avantie mengenang masa berkariernya selama 29 tahun di industri fesyen Indonesia.Anne Avantie mengenang masa berkariernya selama 29 tahun di industri fesyen Indonesia. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Saat itu, tampil penyanyi keroncong legendaris Waldjinah. Penembang Walang Kekek itu berduet dengan penari Didik Nini Thowok. Pagelaran itu memang tak hanya tentang Anne. 'Ratu Keroncong' Waldjinah juga mengenang 60 tahun karier di belantika musik Indonesia.

Usai nyanyian Waldjinah, muncul para bintang memperagakan kebaya Anne Avantie dalam konsep Pasar Tiban. Mulai dari Soimah, Indi Barends, Indra Bekti, Papham, Vega Darwanti, Nia Ramadhani, Jessica Iskandar, Vanesha Prescilla, hingga Krisdayanti bertingkah di atas panggung menuai gelak tawa penonton.

Aksi itu dilengkapi penampilan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang menjadi salah satu model. Susi berlenggak-lenggok mengenakan kebaya merah dengan selendang hijau, dilengkapi sanggul besar. "Ibu Susi sudah jadi pelanggan saya sejak tujuh tahun lalu sebelum terkenal jadi menteri," tutur Anne soal Susi.


Selain itu, ada pula sesi busana pengantin dengan gong Sophia Latjuba mengenakan kebaya dengan sunting khas adat Minang. Ia sempat terlihat sedikit tergelincir, namun berhasil kembali menguasai panggung dengan menyeimbangkan diri.

Gelaran itu juga dimeriahkan aksi model dari Puteri Indonesia seperti Melanie Putria, Artika Sari Devi, Kevin Liliana, dan Kezia Warouw.

Puncaknya, Anne memamerkan koleksi Mahakarya Borobudur berupa kebaya berwarna hitam dengan kain dan ekor yang panjang yang mewah dengan corak emas. Pertunjukan itu ditutup dengan manis lewat aksi Puteri Indonesia 2013, Whulandary Herman yang lihai meliuk-liuk ke sana ke mari memamerkan kain panjang yang besar.

Selain kebaya, Anne juga menampilkan beberapa koleksi kain dan batik siap pakai.

Sophia Latjuba memamerkan busana kebaya dengan sunting khas Minang.Sophia Latjuba memamerkan busana kebaya dengan sunting khas Minang. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
(rsa)

Let's block ads! (Why?)

Read More https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180330143402-277-287042/29-tahun-anne-avantie-ditemani-selebriti-sampai-menteri-susi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "29 Tahun Anne Avantie, Ditemani Selebriti sampai Menteri Susi"

Post a Comment

Powered by Blogger.