Search

Andre Taulany Patut Dibenci? - detikHot

Jakarta - Andre Taulany masih menjadi perhatian setelah kasus istrinya, Erin Taulany, yang diduga menghina Prabowo. Kini, Andre yang tengah diserang karena tuduhan menghina ulama.

Andre muncul dalam talkshow yang diisinya bersama komedian Sule. Ia bertugas mewawancarai dua orang bintang tamu, lalu membahas merek sepatu yang mereka pakai.

"Ini kan konteksnya talkshow komedi yang membahas soal koleksi sepatu, bukan soal agama, politik, ustaz dan lain-lain. Dan saya secara spontan memplesetkan kata adidas menjadi adisomad, karena saya tidak boleh menyebut merk tersebut di televisi. Kalau dituduh bahwa adi somad itu adalah nama ustaz ya saya tidak tahu, karena saya tidak ada niatan untuk menghina," kata Andre kepada detikHOT, Kamis (2/5/2019).


Acara yang dibawakan Andre tentu saja begitu kental dengan unsur komedi. Terlebih ada sosok Sule di sana yang juga besar di dunia itu. Plesetan kata tentu saja barang biasa di acara itu, sebuah hal yang lumrah, terlebih di dunia komedi.

Namun ternyata ada yang angkat suara atas guyonan itu. 'Adisomad' yang diucapkan oleh Andre disebut merujuk kepada Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Adi Hidayat.

Bahkan Ustaz Adi Hidayat bereaksi atas candaan tersebut. Ia me-mention soal 'Adisomad' dalam kajiannya.

"Kalau ada orang-orang iseng yang memprovokasi jangan terpancing biarkan saja. Saya terakhir di jalan tadi, saya menerima ada orang yang mengubah kata-kata dari merek sepatu jadi Adisomad dan macam-macam. Saya nggak peduli. Ya biarin aja, nggak apa-apa, jangan dibalas dengan celaan lagi. Sudah tidak usah dibalas," kata Adi Hidayat di YouTube.

"Kita doakan dengan yang baik. Tapi saya mau ingatkan. Ketika lisan Anda sudah tajam pada seorang ulama, maka itulah awal kehancuran Anda dalam kehidupan dunia," lanjutnya.


Adi Hidayat mengingatkan siapa pun yang menghina ulama akan mendapat pembalasan. Salah satunya jatuhnya karier di dunia. Ia mengajak agar masyarakat mendoakan pihak yang menghina ulama agar mendapat hidayah.

"Ingat baik-baik kalimat itu. Ketika lisan Anda sudah mulai tajam pada ulama, dengan cara yang tidak tepat, apakah penghinaan kah, pelecehan kah, maka itu tanda awal kejatuhan karier Anda dalam urusan dunia. Dan ancaman Allah untuk urusan akhirat," ujar Adi Hidayat.

Sementara, Ustaz Abdul Somad mengunggah sebuah foto di Instagram.

"MALU, DARI SUDUT LAIN

Suatu ketika, ada orang yang memukul Imam Malik ibn Anas.

Setelah beberapa lama, ada seorang sahabatnya bertanya, "Wahai Malik, apakah engkau membalasnya?"

Imam Malik menjawab, "Tidak"

Sahabat: "Mengapa? Padahal kalau engkau mau engkau mampu"

Imam Malik: "Aku sudah memaafkannya. Aku malu bila nanti bertemu dengan Rasulullah -Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam- lalu beliau tahu ada diantara ummatnya masuk neraka gara-gara aku

(Dikutip dari buku Sa'ah wa Sa'ah karya Syaikh Mahmud al-Mishri)," tulisnya.


Beragam komentar muncul dari netizen. Tak sedikit juga yang memention nama Andre Taulany.

"Ini untuk andrey taulani yg sok hebat," tulis netizen.

"Ente baca ini wahai manusia merasa paling kaya @andreastaulany," tulis lainnya.

Saat bicara soal Adisomad, apakah Andre merujuk kepada dua nama ustaz di atas?

"Demi Allah saya tidak ada niat untuk menghina siapapun. Tidak ada perkataan apa pun yang menghina ustaz dan saya tidak menyebutkan kata ustaz," kata Andre.

Apakah begitu sulit untuk membedakan antara kalimat menghina dengan komedi? Tentu saja iya, sampai-sampai komedian asal Inggris yang juga seorang penulis, aktor dan sutradara, Ricky Gervais cuma punya satu cara untuk menanganinya.

"Just because you're offended, doesn't mean you're right. (Hanya karena kamu tersinggung, bukan berarti kamu benar)," tulisnya.

(nu2/mau)


Photo Gallery

Let's block ads! (Why?)

Read More https://hot.detik.com/celeb/d-4533233/andre-taulany-patut-dibenci

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Andre Taulany Patut Dibenci? - detikHot"

Post a Comment

Powered by Blogger.