Search

Melanie Subono Sindir Artis yang Pamer Peduli Kasus Bullying - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Penyanyi dan aktivis sosial, Melanie Subono mengkritik selebritas yang memanfaatkan kasus AU, 14 tahun, siswi SMP yang menjadi korban penganiayaan 12 remaja, untuk menunjukkan kepedulian dan mengunggahnya di media sosial. “Karena gue gak mau AU jadi tontonan tetangga , bahan video call artis dengan akun dibuka, bahan konten artis geledek yang lagi on the way ke sana,” kata Melanie Subono dalam keterangannya pada tiga video yang dia unggah di akun Instagramnya, Rabu, 10 April 2019.

Au, 14 tahun, gadis SMP yang menjadi korban pengeroyokan 12 siswi SMA di Pontianak, Kalimantan Barat pada Jumat, 29 Maret 2019. Ia dipukul, ditendang, dan kepalanya dibenturkan di aspal. Alasan pengeroyokan itu hanya didasari persoalan asmara dan buntut dari saling berbalas pantun di media sosial. Itupun bukan antara pelaku dan korban lantaran Au tidak mengenal mereka. Para pelaku ini sesungguhnya menyasar kakak sepupu Au yang merupakan bekas pacar salah satu dari mereka. 

Baca: Cinta Laura Ajak Pengikut Tanda Tangani Petisi #JusticeForAudrey

Kasus ini menjadi terbuka setelah orang tua AU melaporkannya ke polisi. Seorang netizen menyuarakan kampanye #JusticeForAudrey di Twitter dan menjadi trending topic nomor satu di Indonesia. 

Aksi kampanye ini juga menarik perhatian Ifan Seventeen. Ia menengok AU di rumah sakit dan mengunggah video-video itu di media sosialnya. Wajah AU tidak diblur dengan alasan atas permintaan AU. Sebelumnya, penyanyi dan mantan Youtuber, Reza Arap juga melakukan video call dengan AU yang diunggahnya di media sosial.

Atta Halilintar mencium kening AY, 14 tahun, saat menjenguknya di Rumah Sakit Promedika Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu, 10 April 2019. Deretan artis memberikan dukungannya kepada AY, siswi SMP yang menjadi korban penganiayaan. instagram.com/attahalilintar

Setelah Ifan Seventeen datang menengok, giliran youtuber Atta Halilintar. Ia mengunggah foto saat mencium kening AU di akun Instagramnya. Bahkan, foto saat ia dikerubuti penggemar pun dipamerkannya di media sosial. 

Baca: Ifan Seventeen Jenguk Siswi SMP yang Dianiaya Anak SMA

Aksi para selebritas inilah yang dikritik Melanie Subono. Menurut dia, aksi ini tak selamanya berdampak baik bagi korban. Melanie beralasan, selama ini, dia sudah terlalu sering melihat korban yang akhirnya bertransformasi menjadi pelaku saat kasusnya terus dibesar-besarkan. “Tidak posting poster yang sama bukan berarti tidak mengawal kasus. Pernah dibayangkan rasanya jadi AU yang jadi tontonan sekarang ini?” katanya.

Dalam video itu, Melanie Subono menjelaskan, pelaku dan korban sama-sama di bawah umur. Yang seharusnya dilakukan orang tua pelaku adalah, mengambil ponsel anak-anak mereka, anak itu mendapat sanksi dari sekolah, mereka harus membina pelaku di dalam rumah, memberikan konseling dan mengganti biaya pengobatan medis dan psikologis korban sembari proses hukum berjalan.

“Tidak ada gunanya kita berusaha menghibur, atau video call, atau apapun, tapi kita terus  menyebutkan namanya, akun Instagramnya. Kita hidup di negara yang sangat kepo, mereka akan cari tahu, kalau pergi di depan rumah AU dan memvideokan seperti apa AU. Bayangkan seperti apa rasanya jadi AU?” kata Melanie Subono.

Let's block ads! (Why?)

Read More https://seleb.tempo.co/read/1194440/melanie-subono-sindir-artis-yang-pamer-peduli-kasus-bullying

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Melanie Subono Sindir Artis yang Pamer Peduli Kasus Bullying - Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.