Search

May Day Tanpa Demo, Buruh Perihatin Ada Corona - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Perayaan Hari Buruh atau May Day tahun ini diperingati dengan berbeda. Tidak ada demo atau pengerahan massa seperti yang biasa terjadi di tahun-tahun sebelumnya.

Sebagai bentuk keprihatinan karena pandemi corona (Covid-19) di Indonesia, Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) serentak mengganti aksi demo dengan aksi sosial.

Kegiatan ini dipelopori MPBI yang meliputi tiga konfederasi yakni Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI).

Bentuk aksi sosial yang dilakukan adalah dengan memberikan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis ke beberapa rumah sakit di Jabodetabek. Ada tiga sasaran rumah sakit di Jabodetabek yang dituju buruh.

Andi Gani Nena Wea selaku Presiden KSPSI beserta sejumlah rombongan menyasar RSUD Balaraja di Tangerang. Sedangkan Presiden KSPI Said Iqbal dan para anggotanya menyambangi Rumah Sakit Annisa di Cikarang.

Adapun Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban yang menyerahkan APD di RSCM. Elly menyebut, ada 250 APD yang diserahkan langsung ke RSCM. Ia menilai, aksi sosial membagikan APD ini menjadi bentuk kepedulian yang dilakukan buruh di tengah keprihatinan kondisi bangsa.

"Baru pertama kali selama 130 tahun perayaan May Day tidak digelar dengan aksi turun ke jalan. Kami sangat mengerti kondisi yang terjadi," katanya usai memberikan bantuan APD di RSCM Jakarta, Jumat (1/5/20).

Menurutnya, aksi sosial pemberian APD perlu dilakukan karena sempat beberapa kali terjadi kelangkaan dan kekurangan bagi tenaga medis yang berjuang membantu pasien Covid-19. APD diterima langsung oleh perwakilan pimpinan RSCM langsung.

Elly menyampaikan RSCM mengaku ikut terharu, buruh yang juga punya banyak kesulitan di tengah wabah ini masih memiliki empati dan peduli terhadap sesama.

Selain bantuan APD, Elly mengaku juga akan memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat dan buruh yang kena dampak corona.

"Semua pengurus dan anggota melakukan aksi solidaritas kemanusiaan. Karena, imbas Covid-19 banyak buruh yang terkena PHK dirumahkan," bebernya.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
May 01, 2020 at 04:42PM
https://ift.tt/2WeDJSm

May Day Tanpa Demo, Buruh Perihatin Ada Corona - CNBC Indonesia
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "May Day Tanpa Demo, Buruh Perihatin Ada Corona - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.