Search

Ada 30 Klaster Covid 19 di Jatim, Sampoerna Klaster Baru dan Terbanyak - Jawa Pos

SURABAYA – Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur, dr Kohar Hari Santoso mengatakan, pihaknya sudah melakukan tracing ke PT HM Sampoerna. Pihak pabrik sudah melakukan evaluasi pada ring 1 dan ring 2 dengan rapid test.

“Mereka yang terindikasi reaktif juga sudah dilakukan isolasi dan sudah kita lakukan swab polymerase chain reaction  (PCR). Mudah-mudahan hasilnya tidak terlalu mengkhawatirkan,” ujarnya.

Kohar mengatakan mulai tanggal 21 April ini sudah ada upaya penanganan. Bahkan menurutnya unit kerja pabrik tersebut sudah diliburkan. “Jadi mereka yang reaktif dari hasil rapid test ini sebenarnya relatif terkumpul di tempat tinggal kosan yang sama atau berdekatan. Bisa dibilang areanya sudah terlokalisir, tapi riwayat sedang kami dalami lagi sumbernya dari mana,” kata Kohar.

Menurutnya saat ini yang sedang diisolasi ada 91 orang, kemudian 7 orang dilakukan rawat inap. Kohar menambahkan 98 orang ini setelah rapid test hasilnya reaktif. “Untuk yang diisolasi di hotel sedang kita lakukan swab, kita tunggu hasilnya,” tuturnya.

Lebih lanjut Kohar mengatakan kejadian ini merupakan klaster terbaru dan terbanyak. Menurutnya saat ini ada 30 klaster di Jatim. “Namun untuk positif Covid-19 di pabrik rokok ini baru 2 orang dan itu yang meninggal beberapa hari yang lalu,” jelasnya.

Saat ditanya apakah Covid-19 ini juga menular melalui rokok, Kohar mengatakan penularannya melalui droplet. Maka dari itu ia mengimbau sebaiknya harus menggunakan masker dan menerapkan physical distancing. “Selain itu juga menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” katanya.

Disinggung soal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Kohar mengatakan tiga hari pelaksanaan belum kelihatan hasilnya. Namun menurutnya dua minggu kemudian dipastikan ada penurunan meskipun tidak terlalu signifikan. “Makanya setelah PSBB ini akan ada evaluasi,” pungkasnya. (mus)

Let's block ads! (Why?)



"ada" - Google Berita
May 02, 2020 at 12:22AM
https://ift.tt/3c7nPA1

Ada 30 Klaster Covid 19 di Jatim, Sampoerna Klaster Baru dan Terbanyak - Jawa Pos
"ada" - Google Berita
https://ift.tt/2LMx7oW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ada 30 Klaster Covid 19 di Jatim, Sampoerna Klaster Baru dan Terbanyak - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.